Para siswa dengan mengenakan seragam Pramuka, mengikuti pelatihan baris berbaris dan tata upacara bendera yang pelatihnya dari personel TNI.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para siswa di Kecamatan Baturetno dan Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, dilatih baris-berbaris dan Tata Upacara Bendera (TUB) oleh tentara. Mereka siswa dari Kelas X SMK Pancasila-4 Baturetno dan siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wuryantoro.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan TUB diberikan di halaman sekolah masing-masing, dengan mendapatkan pendampingan dari Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) dan Guru yang membidangi pembinaan kesiswaan.

Komandan Koramil (Danramil)- 05/Baturetno, Kapten (Cpm) Suparmin, menyatakan, untuk teknis pelatihan PBB dan TUB dilakukan oleh personel Babinsa. Melalui pelatihan ini, para siswa diajarkan tentang perlunya memiliki sikap disiplin, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, untuk menumbuhkan rasa persatuan dan tanggungjawab.

Bersamaan dengan pelatihan PBB dan TUB, para siswa juga diberikan pembekalan tentang kepedulian dan sikap korsa sesama teman serta menjaga nama baik sekolah. Juga diberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara.

Pelatihan PBB dan TUB bagi para siswa SMA Negeri 1 Wuryantoro, diberikan oleh Anggota Koramil-10/Wuryantoro Serka Larto dan Serka Suradi. Pelatihan digelar di halaman sekolah dan diikuti sebanyak 226 siswa. Selama pelatihan, mereka didampingi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kuncoro dan Guru Bidang Kesiswaan Erna.

Pelatihan ini, bertujuan untuk menanamkan sikap disiplin dan rasa tanggungjawab para siswa, untuk cinta Tanah Air, dan berlatih dalam pengamalan Pancasila dan memahami UUD-45. Agar sebagai generasi muda bangsa, memiliki rasa nasionalisme dan jiwa korsa, mengedepankan persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah.
Bambang Pur