Pelantikan Perangkat Desa di Desa Kuwukan, Kecamatan Dawe. Foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kepala Desa Kuwukan, Kecamatan Dawe resmi melantik tiga orang perangkat desa terpilih. Prosesi pelantikan tersebut digelar di balai desa setempat, Jumat (25/8).

Pelantikan tersebut cukup menarik mengingat Desa Kuwukan merupakan salah satu desa diantara 68 desa yang menggelar seleksi Perades dengan bekerjasama dengan Universitas Padjajaran.

Prosesi pelantikan dilakukan dengan pengambilan sumpah jabatan para Perades terpilih. Hadir dalam prosesi pelantikan tersebut seluruh Kades bersama jajarannya, perwakilan Kecamatan, serta tokoh masyarakat desa setempat.

Kepala Desa Kuwukan, Kecamatan Dawe Sularno mengatakan, ada tiga formasi yang akan dilantik, yaitu Sekretaris Desa, Kasi Pemerintahan, dan Kaur Perencanaan.

Pertimbangan digelarnya pelantikan karena sebelumnya panitia seleksi di desa tersebut sudah menerima hasil tes dan sudah ditandatangani.

Menurut dia itu sudah sah dan tidak ada masalah. Kemudian sudah dimintakan rekomendasi ke camat, kata Sularno juga sudah ada rekomendasi tersebut.

“Kami sudah minta rekomendasi dari Camat dan sudah diberikan. Sehingga proses pelantikan bisa dilaksanakan,”tandasnya.

Baca Juga:

Seribuan Massa Demo Bupati Kudus, Desak Perades Terpilih Segera Dilantik

Disinggung polemik soal proses hukum yang ada, Sularno menegaskan bahwa merujuk putusan sela PN Kudus dan disandingkan dengan, SK Bupati terkait penundaan pelantikan, maka secara hukum pelantikan Perades tersebut cukup jelas.

Pun Bupati Kudus HM Hartopo juga telah beberapa kali berstatemen di media bahwa proses pelantikan Perades diserahkan ke masing-masing kepala desa.

“Walaupun saya lantik saya juga ikuti perkembangan proses hukum. Apabila hal terkait terjadi hukum kok dibatalkan ya kami konsekuen dengan apa yang telah saya laksanakan,” kata Sularno.

Selain Desa Kuwukan, beberapa desa lain yang akan segera menggelar pelantikan diantaranya Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, serta Desa Getaspejaten Kecamatan Jati. Pihak Kades sudah menyurati sejumlah pihak terkait atas rencana pelantikan yang akan digelar siang dan sore ini.

Ali Bustomi