Kapolres Blora lakukan penanaman pohon di lokasi Embung Plered yang terletak di desa Purworejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Kepolisian Resor (Polres)  Blora melakukan penanaman pohon di lokasi Embung Plered di desa Purworejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah,  Rabu,  (22/8/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka program penanaman pohon serentak se-Indonesia oleh Kapolri dengan tema ‘Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini’  dilaksanakan oleh seluruh Jajaran Polda.

Kegiatan penanaman oleh Kapolres Blora AKBP Agus Puryadi, S.H., S.I.K., M.Si., bersama Ketua Bhayangkari Cabang Blora Ny Ratna Agus Puryadi, Pejabat Utama Polres Blora dan Pengurus Bhayangkari Cabang Blora, Komandan Koramil 01/Blora, Pengelola Embung,  dan Kepala Desa Purworejo.

Kepala Desa Purworejo, Harun mengucapkan terima kasih atas kegiatan penanaman ini, semoga pohon yang ditanam dapat tumbuh dan menjadikan wilayah Embung Plered menjadi lebih rindang dan sejuk.

“Dengan adanya kegiatan penghijauan sejak dini ini, Embung Plered Desa Purworejo bisa tambah Indah, tambang rindang, tambah hijau, dari situ warga mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Polri dan juga dengan adanya program ini mengingatkan warga Purworejo akan arti suatu penghijauan, dapat mengurangi kekeringan juga,” ucap Harun.

Pada kesempatan itu, Kapolres Blora, AKBP Agus Puryadi mengatakan sesuai

program penanaman pohon serentak se-Indonesia oleh Kapolri, di wilayah Blora dilakukan penanaman 1.010 bibit pohon dengan berbagai macam jenis bibit pohon di area Embung.

“Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh pelosok negeri serentak bersama dengan Kapolri yang terpusat di Lombok. Sedangkan kita di sini, di wilayah Desa Purworejo, Kabupaten Blora tepatnya di Embung Plered. Kegiatan ini juga langsung dimonitor oleh Mabes Polri melalui zoom meeting,” jelas Kapolres Blora.

Kapolres Blora menanam bibit pohon jambu kristal, sedangkan Ketua Bhayangkari Cabang Blora menanam bibit pohon jeruk nipis. Ada juga pohon mahoni dan juga bermacam-macam bibit pohon yang lain, momen ini sebagai Polri Lestarikan Negeri dan Penghijauan Sejak Dini.

Di samping itu, Kapolres Blora berpesan kepada masyarakat untuk membantu merawat bibit pohon yang ditanam di embung plered agar dapat tumbuh dengan baik hingga besar dan dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar. Kegiatan penanaman pohon diakhiri  dengan pemberian Sembako kepada warga masyarakat sekitar Embung Plered.

Kudnadi Saputro