blank
Tim PkM PM USM yang diketuai Sinta Oktafia dan beranggotakan Yunita Sari, Alfika Putri Dewinta, serta Adib Muhyi Asa foto bersama. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dosen Pembimbing PkM PM sekaligus dosen Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM), Purwaningtyastuti SPsi MSi Psikolog bangga dan mengapresiasi kinerja Tim Program Kreativitas Mahasiswa Sub Bidang Pengabdian Masyarakat (PkM-PM) selama 2-19 Agustus 2023 di TK Islamadina Semarang.

Tim PkM-PM yang mengusung tema “Upaya Peningkatan Kreativitas dan Keterampilan Motorik melalui Karya Seni Lukis pada Anak Usia Dini TK Islamadina Semarang” ini diketuai Sinta Oktafia dan beranggotakan Yunita Sari, Alfika Putri Dewinta, serta Adib Muhyi Asa.

Purwaningtyastuti yang akrab dipanggil Pungky ini mengatakan, kesempatan untuk mengikuti PkM-PM tidaklah mudah.

“Untuk mengikuti kegiatan ini tidaklah mudah, harus melalui proses kompetisi seleksi proposal yang diajukan oleh mahasiswa ke Dikti. Untuk itu menjadi suatu kebanggaan tersendiri Tim PkM PM USM dapat sampai pada tahap ini,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kegiatan PkM memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa.

”Kegiatan PkM PM memberikan banyak sekali manfaat bagi mahasiswa antara lain mahasiswa belajar untuk mencari ide-ide kreatif yang akan dituangkan dalam sebuah hasil karya nyata penerapannya di masyarakat. Mahasiswa juga belajar untuk tidak menyerah ketika proposal yang diajukan belum lolos dalam seleksi. Selain itu juga, program PkM PM ini melatih mahasiswa untuk bekerjasama satu tim, dengan belajar mengelola ego masing-masing dalam menyelesaikan tugas bersama,” katanya.

Dia berharap, semakin banyak mahasiswa yang tertarik dan berminat untuk mengikuti program kegiatan PkM PM.

”Kami berharap, semakin banyak mahasiswa yang tertarik dan berminat untuk mengikuti program kegiatan PkM PM ini. Sebab program ini sebagai ajang prestasi mahasiswa untuk menuangkan ide-ide kreatif. Selain itu juga sebagai tempat untuk belajar keterampilan sosial di lingkungan masyarakat, mahasiswa dapat terlibat langsung dengan masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, USM sangat mendukung PkM bagi mahasiswa.

”USM sangat mendukung serta memfasilitasi program PkM bagi mahasiswa. Mumpung menjadi mahasiswa maka pakailah kesempatan itu untuk mengikuti program PkM,” tandasnya.

Muhaimin