Joko J Prihatmoko (kanan), mengajukan satu nama alternatif yang dia calonkan bisa menjadi Jateng 1. Hadir juga dalam acara ini, Teguh Yuwono (kiri) dan moderator Nurkholis (wartawan beritajateng.net). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pengamat politik yang juga menjadi dosen di Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas), Joko J Prihatmoko menyatakan, satu nama yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk dijadikan Gubernur Jawa Tengah menggantikan Ganjar Pranowo adalah, Irwan Hidayat.

Menurut dia, pemilik perusahaan jamu PT Sido Muncul Tbk itu, bisa bersaing dengan tiga nama yang santer juga disebut sebagai calon Jateng 1, Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Solo), Bambang Wuryanto (Bambang Pacul/Ketua DPD PDIP Jateng) dan Hendrar Prihadi (mantan Wali Kota Semarang).

Joko menyebut, sebaiknya ada kebaruan dalam kepemimpinan Jateng mendatang. Dia ingin jangan hanya dari kalangan nasionalis-religius saja, namun bisa juga dari kalangan pebisnis. Tokoh-tokoh yang langsung berkecimpung dalam dunia usaha atau perekonomian di Jateng, bisa menjadi pilihan alternatif.

BACA JUGA: Polres Kendal Tanam 1.000 Pohon Trembesi dan Buah-Buahan

”Tokoh dari kalangan bisnis atau pengusaha, seperti Irwan Hidayat, saya anggap mampu untuk menggali potensi daerah ini, dan mengembangkan sektor perekonomiannya menjadi semakin pesat,” kata dia.

Joko menyampaikan hal itu, dalam kegiatan FGD yang digelar Forum Peduli Jateng, dengan tema ‘Mencari Figur Pemimpin Jawa Tengah Pasca Ganjar Yasin’, yang dilaksanakan di Up Peak Hotel, Semarang, Senin (21/8/2023). Selain dia, hadir pula Dr Teguh Yuwono MPol Admin (pengamat politik Undip) dan Harry Nuryanto Soediro (Ketua Umum Kadin Jateng).

Dari empat nama yang muncul dalam diskusi itu, dia berharap, yang terpenting calon pemimpin Jateng mendatang adalah, figur yang bisa mengayomi, memberi rasa aman dan sepenuhnya bekerja untuk provinsi ini.

BACA JUGA: Kecukupan Air Mineral Sangat Penting untuk Ibu Hamil, Janin dan Anak-anak

Sementara itu, Dr Teguh Yuwono mengungkapkan, calon Gubernur Jateng harus bisa mengembangkan pertumbuhan ekonomi secara merata di seluruh wilayah, agar tidak ada ketimpangan antardaerah.

Dijelaskan juga olehnya, calon Jateng 1 harus punya dukungan partai politik yang kuat, terutama dari kalangan nasionalis religius. Calon Jateng 1 bisa berasal dari pimpinan partai, tokoh dengan popularitas yang tinggi, atau kepala daerah bupati/wali kota yang didukung parpol.

”Ada beberapa wakil dari PDIP, yang masih berpotensi dan berpeluang besar memimpin Jateng, mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Bambang Wuryanto, yang merupakan Ketua DPD PDIP Jateng,” tutur dia melanjutkan.

BACA JUGA: ‘Transformasi TKL Ecopark’ Antarkan Kota Magelang Juara II Kompetisi Investment Challenge 2023

Sedangkan Ketua Kadin Jateng, Hary Nuryanto menginginkan, pemimpin Jateng mendatang harus dekat dengan masyarakat dan njawani. Meski dia tidak menyebutkan nama, tetapi dia berpendapat, calon Jateng 1 harus mampu menjembatani kepentingan pusat dan daerah.

”Gubernur mendatang harus bisa menghadirkan suasana politik yang stabil di Jateng, sehingga dunia usaha dan perekonomian bisa berkegiatan secara stabil. Calon Jateng 1 juga harus bisa mengembangan pembangunan yang berkelanjutan,” tandasnya.

Riyan