blank
Kwartir Cabang Jepara Hesti Nugroho menyerahkan tunas kelapa kepada Ketua Kwartir Cabang Kudus, Mawar Angraeni

JEPARA (SUARABARU.ID) – Estafet Tunas Kelapa diserahkan oleh Kwartir Cabang Jepara Hesti Nugroho kepada Ketua Kwartir Cabang Kudus, Mawar Angraeni di perbatasan kedua wilayah, tepatnya di MTs. Manbaul Ulum Desa Gebog, Kabupaten Kudus, Selasa (22/8/2023).

Selama perjalanan menuju Kudus, para pelajar dari sekolah yang dilewati rombongan pramuka pembawa tunas kelapa tersebut, menyambut dengan membawa bendera merah putih di pinggir jalan.

blank
Kwartir Cabang Jepara Hesti Nugroho saat memberikan sambutan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam amanatnya yang dibacakan oleh ketua kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni menyampaikan empat pesan dalam Estafet Tunas Kelapa (ETK) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Satu, dari bapak pandu Pramuka dunia Robert Baden-Powell, Tuhan telah mengaruniakan dunia tempat kita hidup yang penuh dengan keindahan dan keajaiban. Yang telah memberikan kepada kita, tidak hanya mata untuk melihat keindahan dan keajaiban tersebut. tetapi juga akal untuk memahami hanya ketika kita memiliki perasaan untuk melihatnya.

Dua, pelajarilah perubahan dan ubahlah masa depan dengan cara mengaktifkan dirimu dalam kebaikan dan ketulusan.

Tiga, cintailah negerimu, tanah airmu sebagaimana engkau mencintai kedua orang tuamu, saudaramu, dan kekasihmu, keselarasan dalam hal tersebut akan membantumu memahami dunia dan seisinya di masa kini dan mendatang.

Empat, mari berusaha menempatkan diri dalam kedudukan masing-masing untuk memberikan pelayanan prima dan setulus-tulusnya kepada; sesama, masyarakat, bangsa, dan ibu pertiwi melalui gerakan pramuka.

Makna dari pesan tersebut ditambahkan agar sampai suatu ketika setiap anak serta pemuda dan pemudi kita baik yang mahasiswa di kota maupun penggembala kerbau di desa dengan rasa bangga dan hormat bisa menyatakan ” AKU PRAMUKA INDONESIA”

“Semoga dengan adanya peringatan yang Ke-62 Hari Pramuka sumber daya SDM professional dan berwawasan kebangsaan dapat kita wujudkan melalui Gerakan Pramuka,” harap Ganjar Pranowo

Hadepe