blank
Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU menyerahkan buku ''Soeharsojo Teladan Politisi Santun' kepada mantan Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buku ”Soeharsojo Teladan Politisi Santun” sangat inspiratif. Hal itu tercermin dari 10 prinsip sikap dalam menjalani kehidupan.

Hal itu diungkapkan mantan Rektor Unissula Semarang, Drs. Bedjo Santoso, M.T., Ph.D saat menerima buku ‘Soeharsojo Teladan Politisi Santun’ dari Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU seusai melakukan pertandingan tenis persahabatan di Kampoeng Kopi Banaran pada 20 Agustus 2023.

Hadir dalam kegiatan yang sekaligus syukuran ulang tahun Ke-76 Ir Soeharsojo IPU tersebut antara lain Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof. Sudharto P Hadi, MES, PhD, anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Drs. Kodradi, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Dr. Ir. Hj. Kesi Widjajanti, S.E., M.M, dan Rektor USM Dr Supari ST MT.

Menurut Bedjo, kehidupan bagi Soeharsojo harus bermanfaat bagi orang lain, orang tua adalah panutannya, istri adalah belahan jiwa dan semangatnya, anak adalah amanah Allah, cucu adalah harapan dan penghangat keluarga, sahabat adalah saudara dan kekayaannya, pekerjaan baginya harus dilaksanakan dengan cinta, semangat dan ikhlas.

”Prinsip sikap lain yang patut diteladani dari sosok beliau adalah olahraga menjadi kebutuhan membangun jasmani dan rohaninya, agama menjadi iman, keyakinan dan ibadah, pendidikan menjadi jembatan menuju masa depan, serta politik menjadi seni dan ketulusan pengabdian baginya,” ujarnya.

Dia mengatakan, kekuatan Soeharsojo yang patut diteladani lagi adalah sikap respek yang menonjol kepada siapa pun.

”Dalam pergaulan sosial, Pak Harsojo selalu mengedepankan respek, tawaduk, menghargai orang lain walaupun lebih muda dari beliau. Sikap ini sangat baik dan perlu dicontoh,” ungkapnya.

Pada akhir sambutannya, Bedjo mewakili teman-temannya mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 untuk Ir Soeharsojo IPU.

”Semoga Pak Harsojo panjang umur, sehat selalu dan selalu memberikan manfaat bagi orang lain khususnya bagi civitas akademika USM,” tandas Bedjo.

Muhaimin