blank
Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng). Foto: hms

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, rebound dalam hasil survei terbaru capres 2024. Daei rilis terbaru Litbang Kompas, Ganjar berhasil mengungguli dua kandidat capres lainnya.

Hasil survei terbaru Litbang Kompas menyebutkan, elektabilitas Ganjar berada di angka 24,9 persen. Sedangkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan ada di urutan kedua dan ketiga, dengan elektabilitas masing-masing 24,6 persen dan 12,7 persen.

Saat dikonfirmasi, Ganjar menjawab santai terkait hasil survei terbaru itu. Menurutnya, survei merupakan jajak pendapat, dan belum merupakan hasil final.

BACA JUGA: Dirjen Kemenristekdikti Puji Kesejahteraan Guru di Jateng

”Surveinya kan belum final, kepercayaan masyarakat harus kita sikapi dengan baik,” kata Ganjar, saat ditemui usai memberikan pembekalan bagi calon wisudawan UGM, di Graha Saba UGM, Selasa (22/8/2023).

Disampaikan dia, saat ini yang terpenting adalah, mewujudkan kondusivitas jelang Pemilu 2024. Dia meminta semua masyarakat menghindari hal-hal yang menyebabkan terjadinya perpecahan.

”Yang penting kita hindari sesuatu yang saling mengolok-olok, dan saling menjelekkan. Biar pemilunya menyenangkan,” pintanya.

BACA JUGA: 3.150 Calon Wisudawan UGM Diminta Jadikan Setiap Momen sebagai Pelajaran

Seperti diketahui, elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami pasang surut, khususnya seusai kontroversi batalnya penyelenggaraan Piala Dunia U20. Tingkat elektabilitas Ganjar sempat drop, dan kalah dari Prabowo Subianto.

Namun saat ini, tingkat kepercayaan publik pada Gubernur Jateng dua periode ini, rebound atau kembali meningkat. Pada survei terakhir yang digelar Litbang Kompas Periode Agustus 2023, elektabilitas Ganjar menjadi yang tertinggi, dan naik dari survei sebelumnya.

Pada Mei 2023, posisi Ganjar kalah dengan Prabowo dengan selisih 1,7 persen. Saat itu, tingkat elektabilitas Ganjar hanya 22,8 persen.

Riyan