blank
BNN RI saat pemusnahan ladang ganja di Provinsi Aceh. Foto: Dok/BNN

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Narkotika Nasional (BNN) RI kembali menggelar pemusnahan ladang ganja di Provinsi Aceh.

Pemusnahan yang dipimpin oleh Plt. Direktur Narkotika, Kombes Pol. Guntur Aryo Tejo dilakukan di ladang ganja seluas 1,2 hektar yang ditemukan pada ketinggian 119 MDPL, di Desa Blang Manyak, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara.

“Ladang ganja tersebut merupakan hasil temuan tim BNN dari kegiatan Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Berdasarkan hasil temuan yang ditindaklanjuti dengan proses penyelidikan oleh tim di lapangan, ada 11.000 pohon dengan ketinggian antara 20 hingga 250 cm berhasil dimusnahkan,” jelas Guntur dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/8/2023).

Tanaman ganja dengan berat mencapai 5 ton dan jarak kerapatan antar tanaman berkisar antara 50 hingga 100 cm tersebut dimusnahkan oleh 122 personel tim gabungan dari BNN Pusat, BNNK Lhokseumawe, Polri dan TNI, Satpol PP, Kejaksaan Negeri, Bea Cukai, dan Dinas Pertanian.

Menurut Guntur, pemusnahan terhadap ladang ganja di Desa Blang Manyak, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara tersebut dilaksanakan sesuai Pasal 111 Ayat (2) Undang – undang No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika, yang tertuang didalamnya terkait larangan menanam, memelihara, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika golongan I jenis ganja, dengan ancaman maksimal hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

Ning S