blank
Gudeg koyor Mbak Tum. Foto: Dok/IG.gudegmbaktum

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Julukan Semarang sebagai “Kota Kuliner” memang tidak salah. Bermacam menu kuliner ditawarkan di Kota Semarang, salah satunya adalah “Gudeg Koyor”.

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang sangat populer di Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari cacahan nangka muda yang rasanya manis dan gurih. Namun, setiap daerah memiliki racikan gudeg tersendiri, diantaranya adalah gudeg koyor khas Semarang.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Semarang, perlu kiranya untuk menikmati sajian khas ini. Koyor adalah daging sapi berupa urat, jadi ada sensasi kenyal, tidak dalam bentuk suiran seperti daging khas atau empal.

Semarang memiliki racikan gudeg yang istimewa, yaitu gudeg koyor. Makanan khas dari Semarang ini berupa koyor, bagian otot atau urat sapi dicampur gudeg yang disajikan bersama sambal. Bila wisatawan bertandang ke Semarang,  wajib mencoba nasi koyor ini. Cocok sekali jika dimakan untuk sarapan atau makan siang, bahkan makan malam.

Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Diketahui warna cokelat khas pada gudeg dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental, ayam kampung, telur, tempe, tahu dan sambal goreng krecek

Bagi kamu yang ingin menikmati nasi gudeg koyor di Semarang, kamu bisa mengunjungi 3 tempat makan ini. Ada 3 rekomendasi gudeg koyor enak di Semarang.

1. Gudeg Koyor Mbak Tum

Warung makan Gudeg Koyor Mbak Tum menyuguhkan racikan gudeg koyor yang lezat. Warung makan yang berlokasi di Wonodri, Peterongan Semarang Selatan ini terhitung legendaris sejak 1991.

blank
Mbak Tum dibantu karyawannya tengah melayani pembeli. Foto: Dok/SB

Buka sore sekitar pukul 17.00 WIB sampai dini hari. Bahkan pada pukul 03.00 WIB kadang masih banyak pengunjung menikmati hidangan khas ini.

Pelengkap seperti opor ayam kampung, ayam goreng, krecek, jeroan, dan lainnya akan melengkapi sepiring nasi gudeg koyor. Ada juga lontong opor dan sambal pete yang ditawarkan di warung makan Mbak Tum. Harga seporsinya mulai dari Rp 16.000 – Rp 35.000.