blank
Mahasiswa KKN USM foto bersama seusai penarikan KKN di Kelurahan Nongkosawit, Kecamatan Gunungpati pada 16 Agustus 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mahasiswa KKN USM sangat mendukung program urban farming di Kelurahan Nongkosawit, Kecamatan Gunungpati.

Bentuk dukungan tersebut diwujudkan dalam program kerja memanfaatkan kotoran hewan ternak untuk pupuk kandang.

Hal itu diungkapkan mahasiswa KKN USM, M Rizal Ardianto saat penarikan mahasiswa KKN USM di Kelurahan Nongkosawit pada 16 Agustus 2023.

”Kotoran kambing yang dianggap tidak berguna, ternyata punya banyak manfaat untuk tanaman ketika diolah menjadi pupuk kandang. Harapannya bisa mengurangi limbah dan mendukung program Pemerintah Kota Semarang tentang urban farming,” katanya.

Seperti diketahui, sebanyak 17 mahasiswa USM menjalani KKN di Kelurahan Nongkosawit selama 30 hari.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) M. Satrio Wibowo mengatakan, KKN ini merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa USM. Tujuannya agar mereka dapat belajar hidup dan mengabdi kepada masyarakat.

”Mereka juga belajar menularkan ilmu yang didapat selama kuliah melalui program kerja individu yang mereka susun,” ungkapnya.

Menurutnya, potensi di Kelurahan Nongkosawit cukup bagus. Masyarakatnya juga ramah dan mendukung program kerja yang dilakukan mahasiswa.

Dia berharap, proker yang dibuat mahasiswa KKN USM bermanfaat bagi masyarakat.

”Saya berterima kasih kepada Pak Lurah karena telah menerima mahasiswa KKN USM dengan tangan terbuka dan banyak memberi ilmu hidup bermasyarakat kepada mahasiswa USM,” ungkap Satrio.

Anggota KKN USM, Lutfil Aziz mengatakan, program kerja lain yang dilakukan yaitu pembuatan logo dan kemasan untuk UMKM yang ada di Nongkosawit.

“Program ini sesuai yang saya dapat di perkuliahan. Tujuannya yaitu untuk lebih mengenalkan produk UMKM yang ada. Setelah itu, harapan saya produknya semakin laris dan menambah pendapat mereka,” tutur Lutfil.

Lurah Nongkosawit, Al Choiri SH mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada mahasiswa USM yang telah membuat program kerja KKN sangat baik. Dia berharap, proker tersebut bermanfaat untuk masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada mahasiswa KKN USM yang telah di terjunkan di sini. Semoga ilmu yang ditularkan kepada warga dapat berguna untuk warga saya,” ujarnya.

Muhaimin