JEPARA (SUARABARU.ID) – Bulan Agustus merupakan bulan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai wujud syukur masyarakat Indonesia yang telah bebas dari penjajahan, maka diadakan berbagai macam kegiatan, di antaranya: doa bersama, upacara, berbagai macam lomba, karnaval, dan pentas seni.

Demikian juga SD Negeri 3 Tubanan yang telah mengadakan kegiatan karnaval budaya HUT RI ke- 78 Rabu, 16 Agustus 2023 . Karnaval dibuka untuk umum, peserta karnaval seluruh warga sekolah dan wali murid.

Tampilan peserta sangat menarik, dengan berbagai macam karakter menunjukkan minat masing- masing peserta yang berbeda dan menunjukkan keberagaman budaya Indonesia. Dalam kegiatan karnaval disediakan hadiah menarik ( doorprice) sekitar 180 buah, hal ini menambah semangat peserta karnaval budaya.

Supriyanto, S.Pd membuka kegiatan karnaval budaya. Ia mengatakan, melalui kegiatan karnaval budaya, diharapkan terwujud siswa yang cinta NKRI, memiliki jiwa nasionalisme, ” ujarnya.

Karnaval di awali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Noor Halimi, S.Pd.I. Dengan doa bersama diharapkan keselamatan dan kelancaran dalam pelaksanaan kegiatan karnaval dan untuk bumi pertiwi tercinta Indonesia agar semakin Jaya.

Rute karnaval mengelilingi dukuh Duren desa Tubanan, peserta berbaris rapi mulai dari kelas 1-6 didampingi guru, kemudian wali murid berada di baris paling belakang. Mereka antusias dan semangat mengikuti kegiatan karnaval budaya, di sepanjang perjalanan peserta menyanyikan lagu nasional Hari Merdeka, Mars SDN 3 Tubanan dan lagu nasional lainnya. Dalam perjalanan ada dua pos, pos pertama pembagian air mineral untuk peserta dan pos ke- dua pembagian kupon doorprice. Panitia bekerja sesuai tugasnya. Semua peserta mendapatkan kupon, mereka semakin bersemangat untuk mendapatkan hadiah menarik.

Finish di halaman SDN 3 Tubanan, diisi dengan pembagian doorprice dan pentas seni siswa. Peserta merasa puas karena door price banyak sekali, sehingga lebih dari separo peserta mendapatkan undian.
“Semoga tahun depan lebih meriah lagi,” ujar Diani salah satu wali murid peserta karnaval budaya.

Kegiatan karnaval budaya ini terlaksana karena dukungan berbagai pihak. “Terima kasih kami ucapkan atas dukungan dan partisipasinya seluruh peserta, semoga di tahun- tahun yang akan datang lebih meriah lagi,” ujar Mustikasari, S.Pd selaku ketua panitia.

Dengan adanya karnaval budaya dalam peringatan HUT RI ke- 78 bertujuan untuk menumbuhkan nasionalisme warga sekolah, dan siap mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif. Sesuai dengan tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju, Indonesia semakin jaya.

Hadepe – Rofi