blank
ilustrasi kaki kasar dan pecah pecah. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kulit kering selalu menjadi masalah yang selalu dikeluhkan oleh sebagian orang, terutama pada wanita. Tak hanya menyerang wajah dan tangan. Kulit kaki pun juga bisa terasa kering dan kasar jika tidak diperhatikan dengan baik.

Penyebab kulit menjadi kering lantaran paparan zat kimia keras pada kulit, biasanya berasal dari produk perawatan kulit, seperti sabun mandi. Menggosok kulit terlalu keras. Menggunakan obat-obatan tertentu, misalnya salep jerawat yang menyebabkan kulit kering dan mengelupas. Menderita penyakit kulit, seperti psoriasis dan eksim.

Selain disebabkan oleh faktor genetik, kondisi kulit kering juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti kondisi cuaca, lingkungan, penyakit kulit (ruam-ruam, radang, dan lainnya), penyakit umum (tipes, diabetes, malnutrisi, dan lainnya), atau pengobatan medis yang sedang dijalani.

Baca Juga: 8 Tips Mengatasi Kecanduan Bermain TikTok

Kulit kaki yang kering dan terlihat kasar tentunya bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Anda menjadi tidak bebas menggunakan sepatu terbuka, ataupun celana pendek. Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa tips mudah mengatasi kulit kaki yang kering dan kasar. Penasaran? Mari simak pembahasan di bawah ini.

1. Perhatikan Produk Sabun dan Pembersih Kulit

Tidak semua sabun dan produk pembersih kulit memiliki kandungan serta manfaat yang sama. Ada beberapa di antaranya mengandung bahan kimia serta parfum yang bisa menghilangkan kelembapan, serta memicu kulit kering. Sebaliknya, ada pula produk sabun dan pembersih kulit yang terbuat dari bahan-bahan alami serta lembut.

Oleh sebab itu, Anda perlu teliti dalam memilih sabun untuk kondisi kulit kering dan kasar. Biasanya sabun yang cocok untuk kulit kering berbentuk gel dengan kandungan aloe vera, shea butter, hyaluronic acid, ceramide, glycerin, urea, serta coconut oil.

Baca Juga:Tips Meracik Pakan Kucing Agar Sehat dan Lincah

2. Gunakan Pelembap

Selain sabun, Anda juga perlu menggunakan pelembap secara rutin. Baik saat beraktivitas di luar rumah ataupun tidak. Sebab, Pelembap berfungsi sebagai pengunci air di kulit sehingga tidak kering.

Bila kulit Anda sangat kering hingga terkelupas, pilih pelembap yang mengandung urea atau asam laktat. Kedua bahan aktif ini sangat efektif untuk menahan air di kulit.

3. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan suatu metode untuk mengangkat sel-sel kulit mati di kaki yang menumpuk. Alhasil, kulit kaki menjadi lebih halus dan lembap. Caranya, siapkan air hangat, gula, dan madu. Kemudian campurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu rendam kaki Anda selama 10 hingga 15 menit.

Baca Juga:Tips Mengasah Pisau Agar Kembali Tajam

Gosokkan kaki menggunakan batu apung dengan lembut dan bilas hingga bersih. Setelah itu, keringkan kaki dan oleskan pelembap. Metode eksfoliasi ini bisa Anda lakukan sebanyak 1 hingga 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Batasi Aktivitas yang Membuat Kaki Basah

Cara lain yang perlu Anda lakukan untuk menghaluskan kulit kaki, yakni membatasi aktivitas yang membuat kaki basah dalam waktu lama. Misalnya mandi terlalu lama, berendam terlalu lama, mencuci, atau berenang.

Paparan air dalam waktu yang lama bisa menimbulkan kerutan sehingga lebih mudah terkelupas dan menjadi kasar. Maka, Anda perlu membatasi waktu mandi atau berendam tidak lebih dari 15 menit. Bila perlu, gunakan sandal saat mandi dan mencuci.

Itulah tadi pembahasan tentang empat tips mudah mengatasi kulit kaki yang kering dan kasar, seperti dilansir pada laman Medicalnewstoday.com dan Mayoclinic.org, semoga bermanfaat!

Claudia