blank
Dalam skenario Sispam Mako, dirancang terjadi tiga kali penyerangan ke Mapolres Wonogiri, lengkap dengan tindakan penanggulangannya.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam skenario simulasi Sistem Pengamanan Markas Komando, dirancang ada tiga jenis ‘penyerangan’ terhadap Mapolres Wonogiri. Serangkaian tindakan, dilakukan untuk penanggulangannya sesuai jenis penyerangannya.

Demikian jalannya simulasi Sispam Markas Komando (Sispam Mako) yang digelar oleh jajaran Polres Wonogiri. Kegiatan ini, langsung dipimpin Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, dengan melibatkan para personel kepolisian dari berbagai kesatuan lengkap dengan persenjataannya.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, skenario pertama, petugas Samapta melakukan pemeriksaan badan dan barang bawaan warga yang memasuki Mapolres. Penggeledahan dilakukan dengan tetap menjaga jarak aman antara petugas dengan yang diperiksa.

Skenario kedua, ada pengendara sepeda motor yang menerobos dengan menggeber-geberkan gas dan melakukan penyerangan terhadap anggota yang berjaga. Dengan teknik dan taktik yang dilatihkan, anggota mampu menghindar dan berhasil melumpuhkannya.

Skenario ketiga, setelah terjadi penyerangan kemudian dilakukan Alarm Of Stelling. Dalam sekenario ini,terdengar bunyi lonceng dan suara alarm, yang menandakan situasi kontinjensi. Kemudian seluruh personel melakukan apel kesiapan di halaman Mapolres.

Refresh

Setelah mendapatkan arahan dari pimpinan, selanjutnya seluruh personel menyisir dan langsung menempatkan diri sesuai dengan zona masing-masing untuk melakukan pengamanan Mako.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, menyatakan, latihan pengamanan Sispam Mako ini sifatnya merefresh kembali teknik sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedure). Tujuannya, agar anggota khususnya yang berjaga, lebih memahami tentang mekanisme dan langkah-langkah yang harus diambil jika terjadi kondisi seperti itu.

Simulasi ini, tandas Kapolres, dilakukan sebagai langkah antisipasi, kita coba semua teknik untuk meminimalisir korban. Baik dari petugas maupun masyarakat. Juga untuk melihat kesiapsiagaan seluruh personel dan sarana prasarana (Sapras) dalam rangka menjaga kondisi keamanan Mako.

Selain dilaksanakan di Mapolres Wonogiri, kegiatan simulasi Sispam Mako ini juga dilaksanakan di Mako Satlantas, Kantor Satpas SIM serta dilaksanakan di Polsek  se jajaran di Wonogiri. Di Polsek, dilakukan oleh anggota Polsek masing-masing.

Dalam rangkaian simulasi pengamanan Mako tersebut, dihadiri Wakapolres bersama para Pejabat Utama (PJU) dan seluruh anggota. Mereka berperan sesuai tugasnya masing-masing. Dalam simulasi menggunakan tembakan, memakai peluru hampa, sehingga peragaan pun berjalan seperti suasana yang sesungguhnya.
Bambang Pur