blank
TIBA - Princess Syasya Humaira tiba di MIS Darunnajah Kota Tegal. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Princess Syasya Humaira (11) santriwati Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darunnajah Kelurahan Debong Kulon, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah meraih juara ke 3 Hafidz Al Quran 30 Juz termuda Tingkat Nasional, dan mendapatkan hadiah Rp 3 juta.

Kedatangan Princess di Jalan Dewi Sartika didampingi kedua orang tuanya disambut oleh pihak Yayasan Darunnajah dan Camat Tegal, Selatan H Muhammad Basuki Budi Santoso dengan acara sederhana, Minggu (13/8/2023).

blank
KALUNG BUNGA – Princess Syasya Humaira mendapat kalung bunga dari Yayasan MIS Darunnajah. (Foto: Sutrisno)

Turun dari mobil, Princess mendapat kalungan bunga dari Kharis Ni’matulloh perwakilan Yayasan Darunnajah. Dengan diiringi kelompok rebana Princess berjalan kaki menuju lokasi MI Darunnajah dengan taburan beras kuning dan uang logam.

Setiba di gedung MIS Darunnajah, Princess mendapat ucapan selamat dari Camat Tegal Selatan, para guru dan para simpatisan. Dengan suka rela Camat Tegal Selatan mengawali memberikan hadiah beberapa lembar uang ratusan ribu untuk Princess.

“Saya tahu Princess medapat juara mendadak dan hadiah hanya sekedar menambah uang saku rasa bangga kita sebagai warga Kota Tegal,” ucap Camat Budi.

Meski juara 3, Budi berharap Peincess tetap semangat untuk terus berprestasi. “Lomba karaoke tingkat daerah hadiahnya bisa puluhan juta rupiah. Lah ini juara tiga Hafidz Quran nasional hanya Rp 3 juta,” ucap guru sekaligus Pembina Yayasan Darunnajah Kota Tegal, Ustadz Nur Sidiq di sela sambutannya.

Namun demikian Nur Sidiq tetap bersyukur atas prestasi yang diraih oleh Princess. “Tetap semangat untuk terus baca, hafal, dan belajar Al Quran. Semoga muncul Princess-Princess yang lain,” tutur Nur Sidiq.

Princess saat ini duduk di Kelas 6 MSI Darunnajah, Debong Kulon, Tegal Selatan merupakan putri pertama dari pasangan M Giandi Budi Cahyo dan Verawati warga Jalan Kates Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Ternyata tidak hanya hafal Al Qur’an. Princess sedang mengikuti sains Matematika Tingkat Provinsi Jawa Tengah dan mengikuti kejuaraan renang.

Princess telah mengikuti Final Madrasah Festival 2023. Total ada 10 cabang yang dilombakan diselenggarakan oleh Direktorat KSKK (Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag. Babak penyisihan digelar secara daring, pada 24-27 Juli 2023. Total ada 48 peserta yang masuk final dari 817 peserta yang ikut berpartisipasi. Babak final digelar secara luring, 10-12 Agustus 2023 di Gading Serpong, Tangerang.

Pemenang Madrasah Fest diumumkan pada 12 Agustus 2023 oleh panitia bersamaan dengan penutupan Madrasah Fest.

Pemenang Madrasah Fest 2023, Memorizing Holy Quran 30 Juz, Fayhaq Ridhallah, MAS Ruhul Islam Aceh Besar, Aceh (juara 1), Raihan Dalimunthe, MAS Darussalam Palmeran Padang Lawas Utara Sumut (Juara 2), dan Princess Syasya Humaira, MIS Darunnajah Kota Tegal, Jawa Tengah (Juara 3).

Sutrisno