blank
Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menghadiri Final Liga voli antar Kelurahan se-kota Semarang tahun 2023 di GOR Jatidiri, Minggu (13/8/2023). (foto HP)
SEMARANG (SUARABARU.ID) – Final Liga voli antar Kelurahan se-kota Semarang tahun 2023 berlangsung meriah di lapangan voli Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (13/8/2023).
Kompetisi yang merupakan salah satu rangkaian perayaan HUT ke-78 RI tersebut diadakan oleh Pemerintah Kota Semarang guna menghidupkan kembali kompetisi yang sempat vakum selama 10 tahun.
“Tadi sudah selesai Liga voli antar Kelurahan se-Kota Semarang. Juara 1 dari Kelurahan Sendangmulyo Kecamatan Tembalang. Juara kedua Kelurahan Padangsari, Kecamatan Banyumanik dan yang ketiga dari Patemon Gunungpati serta keempat dari Jatisari Mijen,” tutur wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.
Menurut Mbak Ita, sapaan akrabnya, liga voli antar kelurahan yang sempat vakum selama 10 tahun ini diadakan kembali sebagai wadah menjaring bibit-bibit unggul yang berpotensi menjadi atlet profesional. Liga voli tersebut diikuti 177 tim dari 177 kelurahan di Kota Semarang dan dilaksanakan sejak bulan Juli hingga Agustus 2023.
“Ini bisa menjadi suatu bentuk kaderisasi melanjutkan generasi-generasi atlet voli. Kemarin waktu Porprov tim voli putra-putri Kota Semarang juga sama-sama mendapat medali emas,” lanjut Mbak Ita.
“Yang kedua tentu ini meningkatkan keguyuban masyarakat. Yang ketiga adalah untuk merawat lapangan-lapangan (fasilitas olah raga) yang sudah ada di masing-masing wilayah,” tutur Mbak Ita.
Suksesnya gelaran Liga bola voli antar Kelurahan tahun 2023 ini mendorong pemerintah kota Semarang untuk mengadakan Liga voli untuk pelajar SMP dan SMA. Jika tidak ada halangan, Mbak Ita juga berencana menggelar Liga Voli khusus putri tingkat kecamatan se-Kota Semarang pada November nanti.
Sementara itu, Ketua PBVSI Kota Semarang, Iswar Aminuddin dalam laporannya mengungkapkan jika Liga Voli tersebut turut mempromosikan gaya hidup sehat kepada masyarakat melalui olahraga.
“Sebagai sarana mewujudkan kesehatan bagi seluruh peserta sehingga kita bersama semakin kuat agar kita bisa bergerak bersama untuk Kota Semarang yang semakin hebat,” tandas Iswar.
HP