blank
Museum & Galeri SBY*ANI dibangun megah berkelas dunia di Kabupaten Pacitan, Jatim. Rencananya, akan diresmikan bertepatan dengan peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Indonesia Tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Kabupaten Pacitan, Jatim, tambah destinasi wisata baru. Yakni Museum & Galeri SBY*ANI, yang dibangun megah unik dan berkelas dunia, yang rencananya akan diresmikan bertepatan dengan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, upacara peresmiannya dirancang berlangsung Kamis malam (17/8) mendatang. Yang rencananya akan dihadiri sekitar 800 orang undangan. Mereka adalah sejumlah tamu penting, mulai dari mantan menteri hingga sahabat dan kolega SBY serta undangan lain.

Museum yang konstruksinya dibangun mirip Istana Kepresidenan dan berkelas dunia tersebut, memiliki keunikan dibanding museum serupa. Lokasi Museum & Galery SBY*ANI ini, berada di tempat kelahiran SBY. Sebagaimana diketahui, Presiden RI Ke-6 SBY adalah putra aseli Kabupaten Pacitan, Jatim.

Menurut Direktur Eksekutif Museum & Galeri Seni SBY*ANI, Ossy Dermawan, tidak hanya menampilkan rekam jejak pengabdian sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sejak berkarier di dunia militer hingga menjadi Presiden Ke-6 RI.

Namun juga memuat berbagai karya seni SBY dan Ani Yudhoyono. Baik berupa puisi, buku, lukisan serta karya lagu. ”Jadi selain museum kepresidenan, juga ada galeri seni karya dari Pak SBY dan Ibu Ani,” jelas Ossy Dermawan sembari menambahkan ada karya lukisan, puisi, lagu ciptaan dan bahkan ada display Pak SBY bermain musik saat peringatan hari kemerdekaan di depan Pendapa (Kabupaten Pacitan).

Kebanggaan

Menurut Ossy, keberadaan Museum & Galeri Seni SBY*Ani, akan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Pacitan. Tidak hanya itu, setelah dibuka untuk umum, nanti diharapkan akan bermanfaat untuk Pacitan.

Harapan senada juga disampaikan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Pacitan, tandas Bupati, merasa bangga dan bersyukur dengan keberadaan Museum & Galeri Seni SBY*ANI.

Orang pertama di Kabupaten Pacitan ini, berharap, peresmian berjalan lancar dan ke depan museum ramai pengunjung. Yang mampu memberikan dampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Pacitan.

”Kita memiliki destinasi wisata alam luar biasa, tapi Pacitan belum punya wisata buatan semegah Museum & Galeri Seni SBY*ANI ini,” kata Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).
Bambang Pur