blank

Oleh : Kiki Eva Fitriyanti, SP.d

Ada materi pembelajaran Bahasa Jawa pada kurikulum merdeka yang sangat penting yaitu materi menulis. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa secara langsung (Tarigan, 2008:3).

Mengenai aspek menulis khususnya menulis inti cerita Anoman Duta dengan ragam krama, siswa masih belum terampil menulis. Kurangnya keterampilan tersebut pada aspek Bahasa sebab mereka belum bisa menggunakan Bahasa Jawa yang baku.

Kebanyakan dari mereka masih menggunakan Bahasa dialeg daerah mereka masing- masing. Selain masalah tersebut, mereka juga belum bisa menemukan inti cerita Anoman Duta. Oleh karena itu, guru juga dituntut untuk lebih cerdas memilih serta menentukan metode, model, dan media pembelajaran yang menarik siswa.

blank

Untuk menumbuhkan keterampilan siswa pada materi menulis inti cerita Anoman Duta dengan ragam krama, guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan menggunakan aplikasi canva sebagai media menulis inti cerita dengan ragam krama agar lebih menarik perhatian siswa.

blank

Kurangnya kosa kata Bahasa Jawa siswa juga mempengaruhi kurang terampilnya menulis inti cerita dengan ragam krama. Pembelajaran berbasis masalah adalah suatu pendekatan dengan kurikulum terstruktur yang menghadapkan siswa pada permasalahan-permasalahan praktis dimana dikembangkan stimulus untuk pembelajaran.

Model pembelajaran berbasis adalah model pembelajaran yang menantang siswa untuk belajar, bekerja secara kooperatif di dalam kelompok untuk memecahkan permasalahan-permasalahan di dunia nyata.

blank

PBL mempersiapkan siswa berfikir kritis, analitis dan menemukan dengan menggunakan berbagai macam sumber. Pembelajaran berbasis masalah adalah strategi pembelajaran yang menekankan belajar aktif, juga dapat menggunakan modul kuliah (Pawson, 2006).

Pada pembelajaran berbasis masalah, guru sebagai fasilitator pembelajaran sebaiknya menghubungkan masalah yang dibahas dengan kurikulum yang ada. Namun, dalam hal ini, siswa juga diberi kesempatan memperluas permasalahan tentang apa yang ingin dipelajari dan ingin diketahui (Sumarmi, 2012).

blank

Cara meningkatkan keterampilan menulis dengan model pembelajaran Problem Based Learning untuk pembelajaran menulis inti cerita dengan ragam krama pada siswa kelas IX E SMPN I Mlonggo melalui media canva.

Berikut beberapa manfaat yang diharapkan bagi siswa : Siswa akan lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran.mempermudah siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, Terkontrolnya tingkah laku positif siswa, menciptakan suasana kelas yang kondusif dan dinamis pada saat proses pembelajaran berlangsung, meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan keaktifan siswa.

Penulis adalah Guru Bahasa Jawa SMPN 1 Mlonggo