Poster Plano Exhibition’23

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Semarang (USM) akan menggelar Plano Exhibiton’23 pada 23 Agustus 2023 di Gedung Auditorium Ir. Widjatmoko Universitas Semarang.

Ketua Panitia, Sekar mengatakan, kegiatan ini dilatarbelakangi usaha HMJ PWK untuk memperkenalkan program studi PWK.

“Jurusan PWK menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja yang sangat luas dan dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan wilayah di masa depan. Namun demikian, hal tersebut masih belum begitu terdengar akrab di kalangan pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi,” katanya.

Sekar menambahkan, kegiatan ini akan diisi dengan serangkaian acara yakni talkshow dengan tema “Why To Be Planner?”, Pajang Karya Planologi atau pameran produk PWK, Plano Competition, Competition Anouncement.

“Plano Competition dengan tema “Mitigasi Perubahan Iklim” didasarkan pada Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan tingkat emisi gas rumah kaca yang cukup tinggi di dunia. Dari permasalahan isu kota tersebut, lomba poster ini menjadi wadah untuk mengetahui sebab dan akibat serta menuangkan ide kreatif mengenai mitigasi yang perlu dilakukan dalam isu perubahan iklim tersebut,” ungkapnya.

”Lomba poster terbuka untuk siswa/i SMA/SMK sederajat, sedangkan talkshow dibuka untuk Siswa/i SMA/SMK, mahasiswa baru serta mahasiwa aktif PWK USM.” tambahnya.

Dia mengatakan, pendaftaran Plano Competition sudah dibuka sejak awal Agustus 2023.

”Timeline Plano Competition dimulai dengan pendaftaran pada 1-19 Agustus 2023, kemudian Technical Meeting via Zoom Meeting tanggal 10 Agustus 2023. Pengerjaan karya pada 10-20 Agustus 2023, sedangkan pengumpulan karya pada 20 Agustus 2023. Untuk pengumuman juara pada 23 Agustus 2023 sekaligus Plano Exhibition,” ungkapnya.

Sekar menyebut, tujuan dilakukan kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat dalam meminimalisasi perubahan iklim.

”Lomba ini bertujuan untuk mengedukasi, mengajak, serta mendorong masyarakat agar dapat meminimalisir adanya dampak perubahan iklim di Indonesia dengan memanfaatkan platform digital seperti instagram dan tiktok. Untuk Talkshow, selain ingin mengenalkan jurusan PWK, kami juga ingin membranding dan memberi gambaran bagaimana rasanya atau lika-likunya belajar hingga bekerja di ruang lingkup perencana.” katanya.

Untuk pendaftaran Plano Competition, katanya, melalui link https://bit.ly/PENDAFTARANPLANOCOMPETITION. Sedangkan partisipan Talkshow Plano Exhibition’23 dapat melakukan resgitrasi langsung di tempat.

Muhaimin