blank
Tim Progam Kompetisi Kampus Merdeka Universitas Semarang (PKKM USM) melalui Program Institutional Support System (ISS)-MBKM menerima dana hibah untuk pertama kali. Salah satu topik kegiatan workshop mengambil tema ''Peningkatan Aktivitas Dan Penguatan Kemitraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)'' pada Rabu 9 Agustus 2023 di Novotel Hotel Semarang.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Progam Kompetisi Kampus Merdeka Universitas Semarang (PKKM USM) melalui Program Institutional Support System (ISS)-MBKM menerima dana hibah untuk pertama kali.

Salah satu topik kegiatan workshop mengambil tema ”Peningkatan Aktivitas Dan Penguatan Kemitraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)” pada Rabu 9 Agustus 2023 di Novotel Hotel Semarang.

Adapun materi dalam workshop ini di antaranya, Peningkatan Aktivitas MBKM, dengan pemateri Koordinator Program Magang dan Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional, Andy Dwi Bayu Bawono, S.E., M.Si., Ph.D.

Kemudian materi kedua yakni Kerja Sama dalam Peningkatan MBKM, dengan pemateri Koordinator Program Studi Independen Bersertifikat dan Kabid Pengembangan Kerja Sama Akademik Biro Kerja Sama dan Urusan Internasional, Denny Vitasari, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D

Dalam materinya, Andy menjelaskan, Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

”Secara umum tujuan program merdeka belajar kampus merdeka adalah membekali mahasiswa memiliki kapabilitas yang dibutuhkan agar mereka lebih siap memasuki dunia kerja dan berprestasi dalam konteks belajar sepanjang hayat di tengah masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Denny mengungkapkan, pihak-pihak di perguruan tinggi yang wajib memiliki dengan mitra untuk melaksanakan Hak dokumen kerja sama Perguruan Tinggi Belajar Tiga Semester, yaitu Perguruan Tinggi dan Fakultas. Dengan catatan, Program studi diperbolehkan membuat dokumen kerja sama pelaksanaan teknis kegiatan dengan mitra.

Ketua Progam Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2023, Khoirudin M.Eng berharap, kegiatan ini dapat memperkuat kemitraan MBKM.

”Semoga dengan adanya workshop ini kita bisa banyak belajar dalam meningkatkan aktivitas dan penguatan kemitraan MBKM,” ucapnya.

Wakil Rektor I USM, Prof. Ir. Sri Budi Wahyuningsih M.P mengatakan, pihaknya mendorong implementasi MBKM Mandiri di USM melalui dana hibah PKKM tahun 2023.

Muhaimin