blank
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta dan istri saat berziarah ke makam Kanjeng Adipati Tjitrosomo I

JEPARA (SUARABARU.ID) – Haul Kanjeng Adipati Tjitrosomo akan digelar pada hari ini, Kamis tanggal 10 Agustus 2023, di Komplek Makam Tjitrosomo di Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamatan. Adipati Tjitrosomo I yang semula dikenal dengan nama Ki Wuragil,merupakan pemimpin Jepara tahun 1705 – 1735 yang kemudian enam orang keturunan menjadi Adipati Jepara selama 285 tahun.

Karena itu dalam haul ini akan dilakukan pemasangan lurup makam Kanjeng Adipati Tjitrosomo I, III,IV.V, VI, dan VII yang pernah menjadi Adipati Jepara tahun. Sedangkan Adipati Tjitrosomo II dimakamkan di Bapangan

blank

Pemasangan lurup pukul 19.30 Wib diagendakan akan dilakukan oleh Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Eka Edy Supriyanta, Dandim 0719 Jepara, Sekda Jepara, Wakapolres, Petinggi, pengurus yayasaan, dan ulama Sendang. Sebelumnya akan dilakukan shalat berjamaah.

Menurut ketua panitia Haul Kanjeng Adipati Tjitrosomo, Edy Kadarisman, S.Pd haul akan ditutup dengan pengajian akbar menghadirkan KH. Gus Rojih Ubab Maimun dari Sarang, Rembang.

blank

Sebelumnya pada tanggal 2 Agustus 2023 telah di gelar dialog budaya diteras makam Kanjeng Adipati Tjitrosomo I yang diikuti oleh sejumlah pegiat budaya Jepara

Silsilah

Dari silsilah keluarga, Tjitrosomo I memiliki dua orang garo padmi yaitu putri Amangkurat I dan putri Bupati Jepara Sujonopuro serta garwo ampil. Ia menjadi Bupati Jepara mulai tahun 1705 – 1735.

blank

Dari pernikahan ini Citrosomo I memiliki 47 anak. Salah satu anaknya yang berasal dari garwo padmi bernama Ki Ngabei Kromowijoyo. Ia anak ke 34 dan juga adik kandung dari Kanjeng Adipati Citrosomo II atau Ki Ngabei Sumowijoyo.

Saat kakaknya menjadi adipati Jepara Brang Kilen, Ki Ngabei Kromowijoyo menjadi penguasa Jepara Brang Wetan. Setelah Tjitrosomo II meninggal dunia, Ki Ngabei Kromowijoyo diangkat menjadi Adipati Jepara dengan gelar
Tjitrosomo III. Saat pemerintahannya, ia menyatukan Jepara Brang Wetan dan Brang Kilen menjadi satu, Kabupaten Jepara. Juga memindah pandopo kabupaten dari Bonjot ke tempat yang sekarang.

blank

Tjitrosomo III memiliki 8 orang anak, diantaranya adalah Raden Mangkuwijoyo yang kemudian menbjadi Bupati Kudus dengan gelar Kanjeng Hadipati Ronggo Joyosentiko. Setelah kakaknya Tjtrosomo IV atau Raden Sumodiwiryo meninggal dunia, Raden Mangkuwijoyo yang semula menjadi Bupati Kudus menggantikannya dengan gelar Adipati Tjitrosomo V.

Ia memiliki 17 anak, salah satunya R.M. Ngabei Notowijoyo I yang pernah menjadi Bupati di Tuban, Lasem, Kudus dan terakhir di setelah ayahnya meninggal ia menjadi Adipati di Jepara dengan gelar Kanjeng Pangeran Citrokusomo ke VI dan menjadi bupati Jepara tahun 1810 – 1850.

Ia memiliki dua garwo padmi yaitu puteri Bupati Pati R.M.A.A.Mangunkusumo, dan puteri R.M.A.A. Jayeng Tirtonoto. Saat terjadi perang Diponegoro, ia di perbantukan ke Tuban menjadi Bupati Tuban dengan gelar Pangeran Haryo Tjitronegoro atau Tjitrosomo VIII

Ia memiliki 4 orang anak yaitu R.M.Ng. Supeno yang kemudian menggantikan ayahnya menjadi Bupati Tuban setelah ayahnya kembali ke Jepara. Berikutnya adalah R.M.Ng Sudargo yang menggantikan ayahnya sebagai Bupati Jepara dengan gelar R.M.A.A. Citrosomo VII. Sedangkan Tjitrosomo VIII berada di Tuban.

Hadepe