blank
Ketua Koperasi Konsumen BSS Wartiah, didampingi Sekretaris Sahmi, Bendahara Markonah dan Karmi menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus kepada anggota di RAT Tahun Buku 2023, Rabu (9/8/2023). Foto : Dok Koperasi Perak

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)– Koperasi Perak kembali memberikan pendampingan pengelolaan koperasi kepada Koperasi Konsumen Berkah Surya Setaman (BSS), hingga penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022, di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Rabu (9/8/2023).

Disampaikan oleh Pendamping Koperasi Perak Nova Wijayanto, pendampingan yang dijalankan dilakukan selama lima bulan, sejak bulan Maret 2023 lalu. Sedang materi yang disampaikan tentang manajemen koperasi, baik kelembagaan maupun laporan keuangan.

“Pendampingan yang kita lakukan adalah, bagaimana cara mengelola koperasi baik secara kelembagaan, struktural pengurus dan bagaimana membuat laporan keuangan, terutama laporan keuangan dalam RAT yang wajib harus dilakukan oleh koperasi,” papar Nova Wijayanto.

Akan semakin lebih bermanfaat, lanjutnya, jika pendampingan yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah itu ada kelanjutan programnya. Terutama dalam hal kelembagaan juga akuntasi koperasi.

“Ya harapannya program ini ada kelanjutannya. Karena perlu dilakukan pembenahan dalam hal Anggaran Rumah Tangga (ART), SOM (System Operasional Manajemen), SOP (System Operasional Prosedur) dan laporan keuangan menggunakan akuntansi koperasi,” ungkap Nova.

Ketua Koperasi Konsumen BSS Wartiah menyatakan, sangat berterimakasih atas pendampingan yang sudah dilakukan oleh Koperasi Perak, melalui fasilitasi yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada semua pihak, yangbtelah berkenan membantu koperasi kami. Khususnya para pendamping (Koperasi Perak) yang telah dengan tulus dan ikhlas membimbing dan mendampingi kami,” ucap Wartiah dalam RAT yang digelar di salah satu rumah pengurus Koperasi BSS.

Karena masih merasa banyak kekurangan, lanjut Wartiah, Koperasi BSS yang dipimpinnya, yang memiliki anggota 25 orang itu, memperoleh kembali program lanjutan pendampingan dari Koperasi Perak melalui fasilitasi Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah.

“Karena kami sadar, SDM kami masih rendah (dalam berkoperasi), hanya kejujuran dan semangat yang besar yang kami miliki. Sekali lagi kami meminta bimbingan dan pendampingan, agar kami bisa lebih maju dalam berkoperasi. Karena kami punya cita-cita, Koperasi BSS bisa bermanfaat untuk petani di sekitar kami dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat,” harapnya.

Apresiasi Dinas Koperasi dan UKM

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Eddy S Bramiyanto, melalui Staf Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Budi Setyawan, memberikan apresiasi positif atas pelaksanaan RAT pertama Koperasi Konsumen Berkah Surya Setaman.

“Sesuai aturan yang berlaku. Rapat Anggota Tahunan ini wajib dilakukan oleh koperasi, minimal satu kali dalam satu tahun. Untuk membahas laporan pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas dalam masa satu tahun buku. Selain juga dibahas kendala yang terjadi, pengembangan usaha koperasi serta rencana kerja di tahun berikutnya,” jelasnya.

“Untuk itu, jangan sampai RAT hanya dimaknai sebagai rutinitas tahunan saja. Tapi jadikan sebagai ajang kita bersama untuk mengevaluasi dan mengembangkan koperasi,” imbuhnya.

Pada pelaksanaan RAT tersebut, Ketua Koperasi BSS Wartiah didampingi Sekretaris Sahmi, Bendahara Markonah dan Karmi, dengan Pengawas 5 orang, yaitu Sri Rahayu, Ana Fatmawati, Lestari, Rohmi dan Sudarni.

Dihadiri pula oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang dan perangkat Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang serta beberapa mahasiswa KKN dari berbagai Universitas.

Absa