blank
Pertandingan olahraga Sambo pada Porprov XVI  Jateng 2023, di Graha Oktana PEM Akamigas, Cepu. Kabupaten Blora.  Foto: Kudnadi Saputro Blora 
BLORA (SUARABARU.ID) —  Kota Salatiga mendominasi perolehan medali emas cabang olahraga Sambo Porprov Jateng 2023 pada nomor sport dengan meraih 5 medali emas dari 13 medali emas yang diperebutkan.
Sedangkan tuan rumah Kabupaten Blora menempati peringkat kedua dengan meraih 4 medali emas pada pertandingan Porprov Jateng 2023 yang digelar di Graha Oktana PEM Akamigas, Cepu. Minggu, 6 Agustus 2023.
Medali emas Kota Salatiga antara lain disumbangkan peraih medali emas eksibisi Sambo PON XX di Papua 2021, Maria Magdalena Ince kelas 54 Kg putri.
Ince panggilan Maria Magdalena yang sejak awal babak penyisihan dengan mudah mengalahkan lawan-lawanya, pada babak final mendapat perlawanan ketat dari Laras Citra Rahmawati dari Blora.
Berkat pengalaman bertanding ditingkat nasional dan internasional, Ince mampu mengalahkan Citra yang meraih medali perak.
Sedangkan empat medali emas Kota Salatiga diraih Hafizul Haq kelas 65 Kg putra, Vera Tri Antika kelas 65 Kg putri, Novy Chrisanti kelas 72 Kg putri, dan Amelia Devy kelas 72 kg ke atas.
Untuk empat medali emas Kabupaten Blora diraih Farian Adi Pratama kelas 53 putri, Ridwan Sucinto kelas 79 Kg putra, Cindy Novi Andini, kelas 46 putri, dan Yuse Aurelia Al Hayyu kelas 50 Kg putri.
blank
Foto bareng Ketua Pengprov Persambi Jawa Tengah Dance Iskak Palit dengan Atlet Sambo peraih medali usai terima medali pada Porprov Jateng 2023, di Graha Oktana PEM Akamigas, Cepu.
Foto: Kudnadi Saputro Blora
Sisa empat medali emas lainnya dibagi dua Kabupaten Purwodadi yakni Bayu Sumantio kelas 58 Kg pria dan Priyadi Aji Pambudi kelas 71 Kg putra. Serta Kabupaten Kebumen atas nama Mokhamad Farkan Faozi kelas 88 Kg putra dan Miftah Pranaji di kelas 88 Kg ke atas pria.
Ketua Panitia Pertandingan Sambo Porprov Jateng, Agus Purwanto menyatakan, cabang olahraga Sambo memperebutkan 22 medali emas dengan mempertandingkan nomor sport perseorangan, kombat perorangan, dan beregu.
“Cabang olahraga Sambo diikuti sebanyak 15 kabupaten/kota dengan jumlah peserta sebenayk 128 orang,” kata Agus Purwanto.
Agus Purwanto yang juga Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Sambo Indonesia (Persambi) Jateng menambahkan Sambo baru kali pertama dipertandingkan dalam Porprov Jateng.
Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Persambi Jateng, Dance Iskak Palit dengan dipertandingkan Sambo pada Porprov Jateng ini menjadi persiapan dalam PON 2024 di Medan-Aceh mendatang.
“Pada eksebisi Sambo PON di Papua 2021 meraih lima medali emas,” ucap Dance Iskak Palit.
Kudnadi Saputro