blank
Wakil Rektor II IAINU Kebumen Faizal MAg mengukuhkan Paniyia Tim Seleksi Pemiliah Rektor dan Wakil Rektoir 2023-2027, Rabu 2/8.(Foto:SB/Humas IAINU Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen Rabu (2/8) mengadakan Sosialisasi Tahapan Seleksi Rektor dan Wakil Rektor 2023-2027 guna menjalankan proses pemilihan kepemimpinan institusi.

Selain sosialisasi juga pengukuhan Panitia Tim Seleksi Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor IAINU Kebumen, yang dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor 1 dan 2, Ketua Senat serta anggota Senat IAINU Kebumen, dan staf akademik.

Acara diawali sambutan Rektor IAINU Kebumen Fikria Najitama MSI, menyampaikan bahwa penggukuhan panitia seleksi Rektor dan Wakil Rektor IAINU 2023-2027 merupakan langkah krusial dalam menentukan arah dan tujuan institut ke depan.

“Proses pemilihan calon rektor baru ini akan melibatkan berbagai tahapan. Kami berharap agar seluruh civitas akademika dapat memberikan dukungan, masukan dan partisipasi aktif dalam proses ini. Keterlibatan kita semua akan memastikan bahwa keputusan yang diambil mewakili aspirasi dan harapan bersama untuk kemajuan IAINU Kebumen,”ujar Fikria.

Pemimpin Berkualitas dan Tingkatkan Citra Kampus  

Ketua Senat IAINU Kebumen Abdul Waid SHI MSI menyampaikan rincian tahapan dan mekanisme seleksi.

“Proses seleksi yang transparan ini bertujuan untuk mendapatkan pemimpin yang mampu memajukan kualitas pendidikan dan meningkatkan citra IAINU Kebumen,”jelas Waid.

Guna menjaga kesakralannya, tim panitia seleksi disumpah agar bertindak jujur dan adil dalam melaksanakan tugasnya.

Tahapan seleksi dimulai dari pendaftaran calon Rektor dan Wakil Rektor. Seleksi ini akan dibuka mulai 5-8 Agustus 2023. Tahap selanjutnya Verifikasi Berkas dan Kelayakan Administrasi bakal calon Rektor dan Wakil Rektor pada 9 Agustus 2023.  Pada 10 Agustus 2023, diumumkan Hasil Seleksi Kelayakan Admistrasi.

Dilanjutkan dibukanya Sidang Senat yang berisi Paparan dan Pemilihan calon Rektor dan Wakil Rektor pada 13 Agustus 2023. Selanjutnya 15 Agustus 2023 calon Rektor dan Wakil Rektor diajukan ke Yayasan Penyelenggara Pendidikan Nahdlatul Ulama (YPPNU) Kebumen.

Para calon diharapkan memiliki komitmen kuat dalam menghadirkan inovasi dan solusi untuk perkembangan dan kemajuan IAINU Kebumen serta bisa menjawab tantangan zaman.

Komper Wardopo