blank
Moh Ichwan (kiri), bernegosiasi menerima orderan tas dari instansi pemerintah. Foto: rr

DEMAK (SUARABARU.ID)– Moh Ichwan, pengrajin tas berbahan spunbond ini, mampu memberikan solusi untuk masyarakat dalam mengemas cinderamata atau makanan saat hajatan. Oleh-oleh maupun jajanan hingga cinderamata menjadi indah dan pantas untuk dibawa, setelah terbungkus dalam tas kantong yang diproduksi Laris Barokah Collection ini.

Dia mengaku, sudah sejak 2010 menggeluti dunia bisnis pembuatan tas berbahan spunbond, untuk melayani permintaan warga, instansi pemerintah maupun swasta.

”Usaha ini sudah berjalan sejak 2010. Karena di Demak waktu itu belum ada yang bisa membuat dan mencetak langsung, hingga akhirnya saya memutuskan terjun ke dunia percetakan tas ini,” Kata Moh Ichwan, saat ditemui di lokasi Stand Demak Expo 2023, Rabu (2/8/2023).

BACA JUGA: Bupati Grobogan Ambil Api Obor Porprov Jateng dari Api Abadi Mrapen

blank
Beberapa produk tas berbahan spunbond, yang siap dijual. Foto: rr

Diceritakannya, dia memproduksi sendiri, mulai dari proses pemotongan, penyablonan dan menjahit tas. Pegawai yang terlibat kurang lebih 15 orang, di antaranya tenaga jahit dan sablon.

”Pegawai itu merupakan warga terdekat kami juga. Terkait pemesanan tas, dapat dipesan sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan atau order by request,” ungkapnya.

Untuk pemesanan disiapkan berbagai macam ukuran. Mulai dari ukuran 15×20 cm. Kemudian tas sedang ukuran 30×40 cm, dan tas yang paling besar ukuran 45×60 cm. Namun tetap bisa request, sesuai keinginan ukuran berapa.

BACA JUGA: Kodim 0728 Wonogiri Menggelar Upacara Pemakaman Secara Militer

”Kami juga bisa menjual eceran. Biasanya kami jual Rp 5.000. Pada umumnya biasa order per 100 pcs. Misal ingin membuat tas Lebaran atau tas untuk hajatan, bisa pesan minimal mulai dari 10 pcs hingga ratusan. Insya Allah kualitasnya sudah baik dan kuat,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu pelanggannya, Arvina Putri, saat mengorder tas menyampaikan, dirinya sering memesan tas untuk keperluan hajatan dan untuk parcel Lebaran. Dirinya mengaku merasa cocok dan percaya, karena kualitas produknya bagus.

”Ini sudah jadi langganan keluarga kami. Alhamdulillah, di Demak sudah ada produk cetak tas kain seperti ini, jadi gak usah jauh pesannya jika butuh,” terang Arvina.

Bagi yang membutuhkan tas seperti ini, dapat memesan melalui nomor HP 0852 9355 0045 dan 0852 9004 3838. Atau langsung berkunjung di lokasi produksi, yang beralamat di Kampung Krapyak, Kelurahan Bintoro, Kabupaten Demak.

Rudy Riyan