blank
Personel Damkar Pemkab Wonogiri, menyemprotkan air dari mobil brandweer, untuk menuntaskan pemadaman api pada kasus kebakaran gudang mebel.(Dok.Damkar Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kebakaran terjadi lagi di Kabupaten Wonogiri. Gudang mebel milik Tumino di Dusun Jaten RT 2/RW 6 Desa Kedunggupit, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Minggu sore (30/7), musnah rata dengan tanah. Sebuah truk yang berada di lokasi, ikut ludes dimangsa kobaran api.

Kebakaran gudang mebel tersebut diketahui Pukul 15.15. Pemilik beserta warga sekitar, kesulitan memadamkannya karena di lokasi tidak tersedia alat pemadam dan tidak ada air dalam jumlah cukup. Api cepat berkobar karena ada tiupan angin. Kondisi musim kemarau yang kering, membuat api makin berkobar.

Kasus amukan jago merah pada gudang mebel tersebut, menjadi musibah kebakaran yang ke 16 kalinya di Bulan Juli 2023 ini di Kabupaten Wonogiri. Atau menjadi kebakaran ke 31 kalinya di Kabupaten Wonogiri dalam kurun waktu 7 bulan terakhir di Tahun 2023 ini.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, semalam, menyatakan, begitu mendapat kontak permintaan pemadaman, langsung sekaligus mengirimkan dua unit mobil brandweer ke lokasi.

Pemadaman dilakukan oleh Regu III Damkar Wonogiri pimpinan Komandan Regu (Danru) Setyo Pamungkas. Itu dilakukan mulai Pukul 15.35 dan berlangsung 4 jam sampai api benar-benar padam. Upaya pemadaman, dibantu oleh personel Polsek dan Koramil Sidoharjo, perangkat desa dan warga masyarakat.

Truk Ludes

Pemicu kebakaran masih dalam penyelidikan petugas. Ada dugaan kebakaran gudang mebel tersebut, disebabkan dari api pembakaran sampah yang berada di dekatnya. Sore itu, ada pembakaran sampah di lahan yang berdekatan dengan gudang mebel.

blank
Sebuah truk (latar belakang) tinggal tersisa kerangkanya saja, karena ikut terbakar dalam musibah kebakaran di gudang mebel Desa Kedunggupit, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Damkar Wonogiri)

Karena ada tiupan angin, nyala api merembet ke gudang mebel. Api berkobar tidak terkendali, membakar rumah gudang beserta seluruh isinya, termasuk peralatan pertukangan, beragam produk mebel dari yang kondisinya setengah jadi sampai yang siap jual dan siap dikirim ke konsumen.

Sebuah truk Elf berplat nomor AD 8179 BE, yang biasa dipakai untuk sarana pengiriman produk mebel, ikut ludes terbakar. Juga ikut musnah dilalap api, bangunan gudang beserta bahan kayu sebagai stok pembuatan mebel yang ada di dalamnya.

Kebakaran gudang mebel ini, mengingatkan pada kasus kebakaran di lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) milik Pemkab Wonogiri yang berlokasi di Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Sebagaimana diberitakan tadi, TPA tersebut terbakar diduga juga karena dari api pembakaran sampah dari kebun tebu lepas panen yang berada di dekatnya. Api pembakaran sampah berkobar lagi, saat ada tiupan angin dan pembakarnya sudah meninggalkan lokasi.
Bambang Pur