cumlaude
Rektor Untidar Magelang, Prof Sugiyarto bersama dengan wisudawan kembar Sherla Salsabila Adawiyah ( kiri) dan Sherli Salsabila Adawiyah( kanan). Keduanya lulus dengan predikat cumlaude. Sherla Salsabila Adawiyah dengan nilai IPK 3,96 sedangkan Sherli Salsabila Adawiyah dengan IPK 3,91. Foto: W. Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Sherla Salsabila Adawiyah dan Sherli Salsabila Adawiyah, dua saudara kembar tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya, setelah mereka berdua mengakhiri kuliahnya di  Universitas Negeri Tidar ( Untidar) Magelang  dengan sempurnya.
Mereka berdua lulus dari bangku kuliah S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan masa kuliah kurang dari empat tahun dengan prestasi yang cukup membanggakan, yakni dengan predikat kelulusan “ cumlaude” (dengan pujian).

Bahkan, dua saudara kembar tersebut menorehkan prestasi sangat memuaskan dengan nilai indek prestasi komulatif (IPK) yang cukup tinggi. Sherla lulus dengan IPK3,94, sedangkan kembarannya IPK-nya 3,91.

Selain itu, Sherla  juga dinobatkan sebagai salah satu dari tiga wisudawan Untidar  Magelang  yang mendapatkan  penghargaan sebagai wisudawan terbaik .

Mereka berdua bersyukur dapat menyelesaikan kuliahnya kurang dari empat tahun, karena bisa sedikit meringankan beban ayahnya yang mempunyai usaha bengkel cat kecil di Dusun Karanglo,Desa Mertan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo.

“Pekerjaan bapak hanya bekerja di bengkel cat mobil, sedangkan ibu hanya ibu rumah tangga,”katan Sherli.

Anak kedua dan ketiga  dari pasangan Ali Supriyanto dan Kawit tersebut mengaku, mempunyai hobi belajar tentang matematika sejak di bangku SMA.

“Mulai muncul hobinya dari SMA dan berlanjut ke kuliah. Setiap habis Magrib kami berdua belajar bersama, membahas kuliah yang sudah diterima hari itu dan mengerjakan tugas,” ujarnya.

Usai berhasil menyandang gelar sarjana dengan predikat “dengan pujian”, baik Sherla maupun Sherli masih punya keinginan untuk melanjutkan lagi  pendidikannya yang lebih tinggi, yakni ingin meneruskan ke program pendidikan profesi guru.

Rektor Untidar Magelang, Prof Sugiyarto mengatakan, pada wisuda pascasarjana,sarjana dan ahli madya ke-64, Untidar Magelang meluluskan sebanyak 534 wisudawan baru. Dari 534 wisudawan tersebut 250 wisudawan lainnya mendapatkan predikat cumlaude (dengan pujian).

“Pada wisuda tahun ini juga ada 82 wisudawan yang lulus dengan cumlaude juga mempunyai prestasi non akademik. Prestasi non akademik tersebut nantinya bisa memberi motivasi bagi adik-adik tingkatnya  untuk bisa berprestasi di luar akademik,”kata Sugiyarto.

Ke- 534 wisudawan tersebut terdiri atas 525wisudawan dari jenjang sarjana strata 1 (S1), 10 wisudawan dari jenjang diploma tiga (D3) dan seorang dari jenjang pascasarjana. W. Cahyono