Rektor UNS  Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum memukul gong sebagai peluncuran secara resmi Sistem Agregasi dan Monitoring Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Sebelas Maret Surakarta pada acara yang digelar di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram kampus setempat. Foto: Dok/Humas UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerapkan Sistem Agregasi dan Monitoring Indikator Kinerja Utama (IKU).

Rektor UNS  Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum mengenalkan Sistem Agregasi dan Monitoring Indikator Kinerja Utama (IKU) UNS di hadapan para Wakil Rektor, Perwakilan Senat Akademik, Perwakilan Dewan Profesor, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro dan Kepala Program Studi (Prodi) di lingkungan UNS, di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Rabu (26/7/2023).

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada segenap sivitas akademika atas capaian UNS dalam penghargaan IKU 2023. Universitas Sebelas Maret Surakarta berada pada posisi kedua  di liga Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Juga memperoleh dua keunggulan IKU yaitu IKU 6 dan IKU 7. Untuk lebih mendukung pencapaian IKU tahun 2023 dan masa mendatang, UNS mengembangkan Sistem Informasi dan Monitoring IKU yang dikerjakan dalam waktu dua bulan.

Sistem ini merupakan  agregasi menghimpun data dari seluruh sistem informasi di UNS yang relevan untuk membuat prediksian terkait dengan capaian IKU UNS.

Informasi yang ada di sistem informasi dimaksud mencakup rekapitulasi capaian IKU, detil capaian dan juga data mentah pembentuk capaian IKU tersebut.

Sistem Informasi IKU ini juga akan digunakan dalam monitoring dan evaluasi IKU untuk setiap fakultas atau sekolah dan juga program studi.

Update sistem Informasi IKU berlangsung secara regular, sehingga setiap saat dapat dipantau setiap saat perkembangan capaian IKU UNS dan juga fakultas atau sekolah dan program studi.

“Semoga sistem informasi ini akan memudahkan pekerjaan kita dalam pencapaian IKU UNS di tahun ini dan tahun-tahun mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Plt. Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc.,Ph.D. mengatakan, Sistem Informasi IKU UNS dapat diakses melalui laman iku.uns.ac.id.

“Untuk masuk di laman ini dapat login melalui SSO UNS. Dalam sistem terdapat penjelasan masing-masing IKU. Terdapat sejumlah menu pada  sistem informasi ini. Diantaranya yang menampilkan capaian IKU saat ini secara keseluruhan.

Bagus Adji