JEPARA (SUARABARU.ID) – Menjelang Haul Kanjeng Adipati Tjitrosomo yang direncanakan akan digelar pada hari Kamis tanggal 10 Agustus 2023, Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama Ibu Eka Edy Supriyanta telah melakukan ziarah ke makam leluhurnya di Komplek Makam Tjitrosomo di Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamatan.

Dalam ziarah tersebut nampak juga salah satu pengurus Yayasan Tjitrosomo yang juga ketua panitia Haul Kanjeng Adipati Tjitrosomo, Edy Kadarisman, S.Pd. Juga didampingi juru kunci makam Nurul Huda yang juga modin desa Sendang dan Yasin serta sejumlah “abdi” diantaranya Ali Mujib, dibacakan tahlil di makam Kanjeng Adipati Tjitrosomo I yang merupakan “cikal bakal” trah Tjitrosomo.

Setelah itu Edy Supriyanta bersama Eka Edy Supriyanta juga berziarah ke makam Adipati Tjitrosoma III, Adipati Tjitrosoma IV dan Tjitrosomo VI yang juga bernama Ki Notowijoyo.

Direncanakan dalam rangka Haul Kanjeng Adipati Tjitrosomo akan diselenggarakan pengajian akbar dengan menghadirkan KH. Gus Rojih Ubab Maimun dari Sarang, Rembang. Disamping itu pada tanggal 2 Agustus 2023 direncanakan akan di gelar dialog budaya diteras makam Kanjeng Adipati Tjitrosomo I yang diikuti oleh sejumlah pegiat budaya Jepara.

Dalam susunan kekerabatan Tjitrosomo, Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta merupakah salah satu trah. Jika dilihat dari silsilah Adipati Tjitrosomo I yang semula dikenal dengan nama Ki Wuragil, Edy Supriyanta adalah generasi ke delapan yang dalam susunan kekerabatan Jawa disebut Gropak Senthe.

Sedangkan jika ditelusur dari susunan silsilah Adipati Tjitrosomo VI, ia termasuk salah wareng adipati yang pernah mejabat sebagai Bupati ke – 29 Kabupaten Tuban, Bupati Lasem, Bupati Kudus dan Adipati Jepara ke – 26.

Hadepe