blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Jumat (28/7) memberi selamat kepada Daryanto, ASN Dinas Kominfo dan kameramen Ratih TV yang telah memasuki pensiun,(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberikan tali asih kepada 139 pegawai negeri sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun, Jumat (28/7).

Mereka mendapat Piagam Penghargaan, Surat Pemberitahuan Pembayaran THT/Taspen dan Kartu Idenstitas Pensiun PNS.

Pemberian tali asih di Pendopo Kabumian Rumah Dinas Bupati. Kepada para PNS yang memasuki masa pensiun, Bupati menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pengabdian dan loyalitas yang diberikan.

Bupati meminta kepada BKPSDM, BPKPD dan PT Taspen, untuk memberikan pelayanan yang prima kepada para pensiunan PNS. Demikian pula kepada Disdukcapil untuk menerbitkan KTP Elektronik dan KK bagi para pensiunan.

blank
Mantan Kadinas Sosial Kebumen Eko Widianto dan istri memasuki purna tugas dilepas dengan pedang pora, Jumat 28/7.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

“Hal yang patut disyukuri dari bapak ibu adalah mereka mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik sampai pensiun. Karena ada beberapa PNS yang tidak merasakan indahnya masa purna bakti karena berbagai hal,”ujar Arif Sugiyanto.

Meskipun merupakan akhir dari perjalanan karier, pensiun merupakan babak lanjutan untuk mengabdi kepada masyarakat. Bupati berharap mereka tetap bisa memberikan peran dalam membantu masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang positif.

“Pensiun dari PNS bukan berarti bapak/ibu berhenti berkarya. Jiwa pengabdian dalam melayani masyarakat selama menjadi PNS harus terus dipertahankan. Jangan sampai lepas begitu saja. Karena masih banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan untuk kemajuan masyarakat,”jelas dia.

Bupati menyadari dengan semakin banyak PNS pensiun, tenaga pemerintahan semakin berkurang karena tidak sebanding dengan jumlah penerimaan ASN yang baru.

“Setidaknya ada 50-60 PNS di Kebumen yang memasuki masa pensiun setiap bulan. Ini jelas kita mengalami kekurangan tenaga pemerintah, apalagi sampai saat ini belum ada lagi kebijakan untuk penerimaan PNS,”terangnya.

Untuk itu Bupati meminta SDM dari PNS yang masih ada agar dimaksimalkan. Dengan keterbatasan SDM yang dimiliki, pemerintahan harus tetap jalan.

“Karena itu kita harus punya multitasking, punya kemampuan lebih untuk mengerjakan sesuatu yang positif untuk kemajuan pemerintah kabupaten Kebumen,”ucapnya.

Dari 139 PNS yang pensiun sebagian besar guru, kemudian pegawai teknis OPD, termasuk kepala dinas. Yang menarik pelepasan para PNS yang pensiun itu dilaksanakan dengan upacara pedang pora.

Komper Wardopo