blank
Teh jahe. Foto: Dok/Shutterstock

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Banyak orang melakukan diet karena alasan menumpuknya lemak di perut. Selain mengatur pola makan, kamu juga bisa melakukannya dengan memilih minuman diet yang tepat.

Ada beberapa jenis minuman yang tidak hanya menjaga kamu tetap terhidrasi, namun juga mampu menjaga proses metabolisme, sehingga kamu tidak mudah lapar. Apa saja minuman itu?

Melansir dari Suara.com (laman Eat This dan India Times) ada 7 minuman diet yang bisa hilangkan lemak di perut

1. Air putih

Jangan sampai ketinggalan, air putih adalah minuman paling penting yang dibutuhkan tubuh untuk hidrasi yang optimal. Ketika kamu mencoba menurunkan berat badan, mengkonsumsi cukup air putih sangat penting.

Pasalnya, air akan membantu memperlancar fungsi tubuh secara keseluruhan, termasuk pencernaan, penyerapan nutrisi, dan eliminasi limbah. Selain itu, minum banyak air dapat membantu mengontrol rasa lapar.

2. Teh hijau

Kandungan antioksidan yang kuat seperti katekin dan epigallocatechin gallate (EGCG) pada teh hijau membuatnya bisa menjadi pilihan minuman diet untuk membantu hilangkan lemak di perut.

Katekin diyakini dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu membakar lemak. Namun, perlu dicatat bahwa efeknya bukanlah instan, tetapi perlu diiringi dengan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

3. Teh jahe

Minuman herbal satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan sifat termogenik, jahe bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga mempercepat laju metabolisme

Dengan peningkatan metabolisme, tubuh cenderung membakar lebih banyak kalori, termasuk lemak. Selain itu, jahe dapat membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan proses pencernaan yang berkontribusi pada penurunan berat badan.

4. Teh kunyit

Sifat anti-inflamasi pada teh kunyit dipercaya dapat membantu mempercepat metabolisme. Selain itu, senyawa kurkumin dalam kunyit diyakini memiliki manfaat untuk penurunan berat badan.

Kamu bisa membuat teh kunyit dengan merebus potongan akar kunyit segar dalam air atau menggunakan bubuk kunyit yang diseduh air panas.

5. Teh peppermint

Minuman herbal dari daun peppermint juga bisa digunakan untuk membantu hilangkan lemak di perut saat diet. Teh peppermint dapat membantu proses pencernaan, mencegah pembengkakan, dan mengurangi kembung. Dengan perut yang lebih nyaman, kamu bisa lebih mudah mengendalikan pola makan dan memilih makanan dengan bijaksana

6. Air lemon

Berkat kadar kalorinya yang rendah, air lemon juga bermanfaat dalam proses penurunan berat badan. Air lemon hangat dengan tambahan sedikit madu dapat membantu meningkatkan metabolisme, terutama jika diminum pada pagi hari sebelum sarapan.

Lemon juga mengandung pektin, serat larut yang membantu menahan rasa lapar lebih lama dan mengurangi asupan makanan secara keseluruhan.

7. Infused water

Minuman yang dibuat dengan tambahan rasa dan nutrisi dari potongan buah atau sayuran ini akan memberi kesegaran berlebih, sehingga mendorong kamu untuk minum lebih banyak setiap hari.

Dengan hidrasi yang baik, tubuh bisa berfungsi dengan optimal, termasuk sistem pencernaan dan metabolisme. Hal ini pada akhirnya baik untuk diet kamu.

Ning S