blank
RAYAKAN HAN - Ribuan anak TK dan PAUD Kita Tegal mengikuti perayaan Hari Anak Nasional. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Makan yang bergizi tidak selalu harus mahal. Terpenting masyarakat harus tahu bagaimana memilih makanan yang sehat. “Sebetulnya kita tidak harus melulu makan daging sapi, makan ikan, telur, tempe, tahu dan sayuran. Itu makanan yang cukup sehat, hanya perlu diolah sedemikian rupa agar anak-anak menjadi suka,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon saat peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 Kota Tegal yang dipusatkan di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Selasa (25/7/2023).

Kegiatan tersebut diikuti ribuan anak-anak TK dan PAUD se-Kota Tegal dengan Gerakan Makan Menu Seimbang dan Gemar Minum Susu. “Ajakan Gerakan Makan Menu Seimbang dan Gemar Minum Susu tersebut merupakan cara untuk mencegah stunting terutama pada anak-anak TK dan PAUD,” terang Roro

Menurutnya, mereka berada dalam masa pertumbuham yang sangat pesat, sehingga dengan gemar minum susu dapat mencegah anak dalam keadaan stunting. Dukungan dari orang tua, kata Roro, sangat penting. Ia berharap masalah stunting tersebut bisa menjadi perhatian bersama agar semua pihak untuk menangani masalah stunting.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal, Mohamad Afin dalam acara yang sama menyampaikan peringatan HAN Tahun 2023 mengambil tema ‘Anak Terlindungi Indonesia Maju.’

Tema tersebut mengandung maksud dan tujuan untuk mencapai generasi emas Bangsa Indonesia, yang unggul dan mampu bersaing dalam era globalisasi, perlu hak-hak anak untuk tumbuh dan berkembang secara fisik maupun psikososial terlindungi, sehingga terbentuk generasi emas yang cerdas, sehat, unggul dan berkarakter.

Salah satu hak untuk tumbuh berkembang secara fisik, anak harus terpenuhi asupan gizi dalam keluarganya. Afin berharap semoga kebersamaan minum susu pagi dapat mendorong semua keluarga untuk lebih memperhatikan menu seimbang dengan memberikan minum susu pada putra-putrinya, supaya dapat tumbuh berkembang menjadi generasi emas penerus bangsa.

Sutrisno