blank
Poster Talkshow dan Lomba Inovasi Pangan yang digelar BEM FTP USM.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (BEM FTP) Universitas Semarang (USM) akan menggelar Agrichfest pada 19 Agustus 2023 di Auditorium Prof Dr H Muladi SH.

Agrichfest berisi talkshow dan lomba dengan tema “Inovasi Pangan berbasis Komoditas Lokal” pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. Adapun lomba akan diadakan pukul 11.00 hingga 16.00 WIB.

Ketua Pelaksana, Muhammad Arif Maulana mengatakan, lomba terbuka untuk siswa SMA/SMK/sederajat se-Jawa Tengah. Sedangkan talkshow terbuka untuk siswa SMA/SMK/sederajat, mahasiswa, serta masyarakat.

“Alur pelaksanaan lomba dimulai dengan pengumpulan proposal produk makanan sebelum 9 Agustus 2023. Kemudian finalis yang lolos akan diumumkan pada 11 Agustus 2023,” katanya.

Arif mengatakan, talk show akan digelar sekaligus sebagai acara final lomba.

”Pada acara final akan diadakan talk show yang menghadirkan 2 narasumber yaitu Wali Kota Semarang, Ir Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu M Sos dan Guru Besar FTP USM Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP,” ujarnya.

Arif menyebutkan, workshop ini diadakan guna membatu upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

“Narasumber yang merupakan akademisi akan memaparkan materi mengenai potensi pengolahan pangan lokal serta inovasinya baik dari segi kesehatan, keamanan pangan, gizi dan nilai ekonomi. Sedangkan narasumber kedua yang dihadirkan dari Pemerintah Kota Semarang akan memaparkan materi terkait pentingnya kebijakan dan urgensi upaya peningkatkan ketahanan pangan bagi kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Dia menambahkan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pangan nasional dan meningkatkan ketahanan pangan.

Arif berharap, peserta kegiatan memahami dan mampu membuat inovasi pangan lokal dan fungsional.

Menurutnya, pendaftaran talkshow dapat diakses melalui link pendaftaran: https://bit.ly/pendaftarantalkshowagrichfest dengan kontribusi Rp 10.000 ke nomor rekening 1466 0100 6656 505 atas nama Devina Putri Puspasari.

Muhaimin