blank
Friendship Run di Surabaya, dilepas Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak. Foto: bm

SURABAYA (SUARABARU.ID)– Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, melepas 1.000 peserta Bank Jateng Friendship Run, dari di Alun-alun Kota Surabaya, Minggu (23/7/2023) pagi.

Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chie An.

Event lari yang menempuh jarak 5 Km ini, digelar sebagai bentuk kampanye lomba lari Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng, di Magelang, pada 19 November mendatang.

BACA JUGA: Kabupaten Wonogiri Digoncang Gempa Bumi Lagi

Agenda Friendship Run, sebelumnya sudah digelar di empat kota lain, Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Wagub Emil menyebut, meskipun penyelenggaranya adalah Bank Jateng, namun adanya event di Kota Surabaya ini, dapat mengetahui kemajuan dan kebersihan serta keindahan Kota Pahlawan ini. Apalagi pesertanya banyak dari luar Surabaya, sehingga sekaligus bisa untuk berwisata.

Wagub juga menambahkan, event ini juga diharapkan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat. Karena ribuan peserta yang hadir, tentunya berdampak positif pada perekonomian di Ibukota Jatim ini.

BACA JUGA: Hari Libur Pengurus PMI Kebumen Ikut Orientasi Kepalangmerahan

blank
Para pelari bersemangat mengikuti Friendship Run, yang mengambil start dan finish di Alun-alun Kota Surabaya. Foto: bm

”Saya apresiasi pada Bank Jateng, yang telah memilih kota ini sebagai tempat untuk agenda Friendship Run. Semoga lari persahabatan ini mampu meningkatkan kerja sama antara kota-kota lainnya,” bebernya.

Sebagai bagian dari Road to Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng, Bank Jateng Friendship Run Surabaya ini, juga menghadirkan suasana khas Magelang.

Para pelari bisa menikmati sajian kuliner asal Magelang yang sudah dikurasi, yakni Nasi Telang ‘KWT Lestari’, Nasi Goreng Magelangan ‘Handayani’, D’noel Mangut Beong, dan Dawet Ireng Ketan Hijau ‘Nak Robil’.

BACA JUGA: Peserta Prosesi Tipitaka Chanting Tidak Sadarkan Diri Akibat Dehidrasi

Dirut Bank Jateng, Supriyatno menyatakan, kehadiran pelaku UMKM kuliner Magelang pada setiap event Friendship Run di berbagai kota, diharapkan memberikan pengalaman pada mereka, sekaligus sarana mengenalkan kuliner Magelang dan memberdayakan pelaku UMKM.

Sedangkan Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chie An, mengapresiasi antusiasme peserta yang tampil pada gelaran ini.

”Semangat mereka luar biasa. Harapan kami, suatu saat mereka juga akan datang ke Magelang, untuk mengikuti Borobudur Marathon,” tandasnya.

Riyan