Polisi melakukan pengamanan kegiatan warga Grabag, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Hari ini merupakan awal tahun baru 1445 Hijriyah atau tahun baru Islam. Di berbagai tempat warga merayakannya, pada Rabu (19/7/2023).

Kapolresta Magelang Kombes Ruruh Wicaksono menyampaikan, pihaknya menerjunkan personel guna melakukan pengamanan, pengawalan dan patroli dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1445 H.

“Kegiatan yang dilaksanakan aparat dalam rangka untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan aktivitasnya menyambut tahun baru Islam, serta guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Magelang,” katanya.

Pada malam menjelang tahun baru Islam 1445 H, lanjut KBP Ruruh, juga telah dilaksanakan patroli skala besar, dipimpin oleh Kabag Ops Polresta Magelang Kompol Eko Mardiyanto. Patroli melibatkan personel dari Polri, TNI, Satpol PP dan instansi terkait guna meminimalisir kejahatan dan mengurai kemacetan lalu lintas. Selama dilaksanakan patroli tidak ditemukan adanya kemacetan lalu lintas.

Dijelaskan juga, pengamanan pelaksanaan pawai ta’aruf di tingkat Kecamatan Grabag yang dipusatkan di kantor Kecamatan setempat. “Kegiatan pawai diikuti 62 Taman Pendidikan Alquran, majelis pengajian, majelis taklim anak se-Kecamatan Grabag. Pengamanannya melibatkan para personel Polsek dan Koramil Grabag serta dibantu oleh Banser,” tuturnya.

Disampaikan, pawai mengambil rute dari Masjid Muqorrobien Grabag – Jalan Kyai Siraj – Pasar Grabag – simpang tiga Makam Ponggol – simpang tiga Candi Umbul dan kembali ke halaman Kecamatan Grabag.

“Seluruh kegiatan hari ini telah terlaksana dengan aman dan lancar,” tandasnya.

Eko Priyono