Karena sakit, Ketua RW lama Drs Supardjo MM yang matan Kepala Inspektorat Kabupaten Wonogiri (kanan berpeci) menyampaikan sambutan dengan posisi duduk di atas kursi roda, didampingi Lurah Giritirto Eko Yulianto (tengah).(Dok.RT 1/RW 4)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) 4 di Lingkungan Cubluk, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, digelar secara demokratis. Memakai teknis pemilihan layaknya dalam coblosan Pemilihan Umum (Pemilu).

Untuk teknis pelaksanaan pemungutan suara, dibentuk panitia pemilihan yang diketuai oleh Abdul Karim SH dengan Sekretaris Wibowo Sapto Nugroho. Masing-masing RT (ada 4 RT) ditunjuk perwakilan pemilih untuk menggunakan hak suaranya. Hari H pemilihan berlangsung Minggu sore (16/7) di rumah Hadi Suwarno RT 3/RW 4. Yakni rumah yang selama ini sering dipakai untuk Posyandu dan kegiatan masyarakat lainnya.

Ada 7 Calon yang maju dalam Pemilihan Ketua RW tersebut. Terdiri atas Slamet Raharjo SAg, Wiji Mardani, Edi Hartanto SH, MM, Sutardi, Supriyono, Suroso dan Tugino. Ikut hadir menunggui jalannya pemilihan, Kepala Kelurahan (Lurah) Giritirto, Eko Yulianto SAp dan Ketua PKK setempat Ny Eko.

Hasil pemilihan dimenangi oleh Calon Slamet Rahardjo dengan mendapatkan dukungan 11 suara. Calon Wiji Mardani tidak mendapatkan dukungan, Edi Hartanto memeperoleh 9 suara, Sutardi yang belakangan ini menjabat sebagai Plt Ketua RW 4 memperoleh 8 suara.

Jago Supriyono mendapatkan dukungan 6 suara, Tugino (5 suara) dan Suroso sebanyak 2 suara. Dengan demikian, Panitia Pemlihan memutuskan Slamet Raharjo secara sah terpilih menjadi Ketua RW 04 untuk periode 5 tahun berjalan.

Di masyarakat setempat, Slamet Raharjo dikenal sebagai tokoh yang sebelumnya pernah menjabat Ketua RT 01/RW 04 dalam periode yang lama. Sedangkan Ketua RP 04 yang lama, Drs Supardjo MM, mengehendaki berhenti dari jabatan karena sakit.
Bambang Pur