Dengan teknis vertical rescue, relawan SAR Wonogiri bersiap masuk menuruni lubang sumur untuk pengambilan kambing yang tercebur di dalamnya.(Dok.Damkar Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Regu IV Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri bersama relawan Search And Rescue (SAR) Wonogiri, memberikan pertolongan mengevakuasi kambing yang tercebur sumur.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, melalui Komandan Regu (Danru) Damkar IV Sriyanto Kembo, menyatakan, evakuasi kambing yang tercebur sumur dilakukan Minggu petang (16/7) kemarin.

Lokasinya di sumur milik Triyanto warga Dusun Jatibeduk RT 3/ RW 7, Desa Purworejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Awalnya, Triyanto mengontak Damkar untuk meminta bantuan. Selanjutnya, Damkar menggandeng SAR untuk melakukan tindakan bersama.

Diduga, kambing tersebut melompat-lompat dan terjebak masuk ke dalam lubang sumur. Kedalaman sumur sekitar 15 Meter (M) dengan ketinggian sir sekitar 1,5 M.

Sementara itu, sebelumnya, Regu III Damkar Pemkab Wonogiri Pimpinan Danru Setyo Pamungkas, memberikan pertolongan pelepasan cincin yang melekat erat di jari Ny Sri Purwanti warga Lingkungan Wonokarto RT 4/RW III, Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kepala UPTD Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, menyatakan, pertolongan pelepasan cincin dari jari Sri Purwanti tersebut, merupakan yang kesembilankalinya di awal Tahun 2023 ini.

Damkar Wonogiri tak kuasa menolak saat diminta bantuannya untuk melepaskan cincin yang melekat di jari tangan. Meski Tugas Pokok Fungsi (Tupoksi) Damkar adalah membantu melakukan pemadaman pada musibah kebakaran. Ini sebagaimana saat diminta ngundhuh sarang lebah, menangkap ular atau biawak yang keberadaannya menggangu penduduk.
Bambang Pur