Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) mengadakan kampanye bertemakan "Edukasi dan Pencegahan Bullying" di SMA Negeri 10 Semarang, baru-baru ini. (foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) mengadakan kampanye bertemakan “Edukasi dan Pencegahan Bullying” di SMA Negeri 10 Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Ketua Forum Perempuan USM, Fanny Kusuma Dewi. Kegiatan juga dihadiri Dosen Ilkom USM, Citra Safira SIKom MIKom.

Ketua panitia, Aldara Leily mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa agar memiliki prinsip anti bullying dan menciptakan rasa persatuan antar teman yang lebih nyata.

“Maraknya Bullying yang tak akan habis dimakan zaman, menghantarkan seseorang perlu adanya edukasi dan pencegahan bullying sejak dini, sehingga kampanye ini bertujuan untuk mewujudkannya” ujarnya.

Menurutnya, aksi bullying menyelimuti jejak peralihan usia anak baik dari balita, remaja hingga dewasa. Kasus–kasus bullying yang tak kunjung selesai ini menciptakan dampak yang luar biasa pada kehidupan sosial seseorang yang dapat mengakibatkan hilangnya semangat hidup.

“Tak jarang juga pelaku tindak bullying melakukan ancaman kepada korban bullying jika melaporkan tindakannya. Dan tentunya hal ini sangat menjadi ancaman besar bagi hidup, tubuh, mental dari sang korban, hingga pada akhirnya korban memilih untuk diam, tak melaporkan, dan mengalami kecemasan berlebih,” tuturnya.

Ketua Forum Perempuan USM, Fanny Kusuma Dewi mengatakan, perempuan rentan bullying dan mendapat perundungan.

“Sederhananya, perempuan dikotakkan dalam suatu hal dan hal ini merupakan tindak bullying pada perempuan. Hakikatnya perempuan adalah setara, setara dengan laki – laki, pemberian batas kewenangan perempuan untuk melakukan suatu aktivitas merupakan tindak bullying paling nyata di kehidupan sehari–hari,” katanya.

“Diharapkan para peserta dapat hikmah untuk tetap berpegang teguh Anti Bullying dan tidak menyakiti seseorang baik sekarang, nanti, dan seterusnya,” harap Fanny. (Muhaimin)

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) mengadakan kampanye bertemakan “Edukasi dan Pencegahan Bullying” di SMA Negeri 10 Semarang, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)