blank
NASI KOTAK - Kanit Regident Satlantas Polres Pekalongan Kota Ipda Rinto Rudiansyah, SH, membagikan kotak kepada salah seorang warga. (foto: dinkominfo)

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Ada hal unik yang dilakukan anggota Satlantas Polres Pekalongan Kota setiap Jumat pagi. Polisi lalu lintas di kota Batik ini rutin membawa bingkisan untuk di bagikan kepada masyarakat di jalan raya.

Melalui program Jumat Berkah yang digagas Kapolres Pekalongan Kota AKBP Albertus Recky Robertho SIK, MH, MSi dan diimplementasikan oleh Kasat Lantas Polres Pekalongan Kota AKP Koyim Maturrohman S, Ds, MH ini berupa pembagian bingkisan yang isinya ialah nasi kotak lengkap beserta minumannya yang di bagikan kepada masyarakat di Kota Pekalongan.

Seperti halnya yang dilakukan pada jumat (14/7/2023) pagi, dipimpin langsung Kanit Regident Satlantas Polres Pekalongan Kota Ipda Rinto Rudiansyah, SH, beserta jajaranya membagikan puluhan nasi kota kepada para pengguna jalan di lampu merah perempatan alun alun Kota Pekalongan.

“Ini Itu patungan dari seluruh anggota Satlantas yang di sebut dengan senin sedekah. Yang dari senin sedekah itu dikumpulin buat beli nasi kota untuk Jumat berkah,” kata Ipda Rinto saat dikonfrimasi awak media.

Menurut Ipda Rinto Kegiatan Jumat Berkah Satlantas Polres Pekalongan Kota sudah menjadi ageda rutin setiap minggunya, hanya saja untuk tempat yang berpindah pindah. “Jumat Berkah yang digagas Kapolres dan dilaksanakan Satlantas ini sudah menjadi agenda rutin setiap minggunya, hanya saja untuk tempat kita berpindah pindah, kadang sasaran tukang becak, kadang di pangkalan ojek, kadang tukang parkir tidak mesti kita selalu berpindah-pindah,” ujarnya.

Gerakan Jumat Berkah ini, tambah Ipda Rinto sudah rutin berjalan. Ia berharap gerakan tersebut bisa membantu sesama setiap Jumat pagi. Selain itu, juga untuk menanamkan rasa peduli sesama kepada seluruh anggotanya. “Tujuannya Jumat berkah saja. Agar saling membantu sesama,” tandasnya.

Banyak pengguna jalan yang merasa kaget karena di berhentikan polisi, yang ternyata malah di kasi nasi kotak, seperti salimah misalnya, awalnya dikira ada operasi ternyata di beri nasi. “Tak kira lho ada operasi ternyata di beri nasi, maturnuwun Pak Polisi semoga berkah selalu dan bisa rutin berbagi untuk sesama,” ujar Salimah.

Bertepatan dengan masih berlangsungnya Operasi Patuh Candi 2023, Pada Jumat Berkah ini Satlantas Polres Pekalongan kota Juga memberikan sosialisasi untuk tertib berlalu lintas kepada para pengedara di jalan dengan cara memberikan sticker dan brosur yang ber isi himbuan agar masyarakat pengguna jalan bisa tertib berlalu lintas dan mematuhi peraturan yang ada.

Pria dengan pangkat satu balok di pundaknya itu juga menambahkan bahwa sasaran Operasi Patuh Candi 2023, yakni pengendara kendaraan Bermotor dan pengguna jalan lainnya yang melanggar lalu lintas, dan tempat tempat yang terjadi gangguan kamtibmas khususnya bidang lalu lintas.

“Maka pada kesempatan ini saya juga imbau kepada masyarakat untuk tertib ya kalo mau keluar rumah usahakan tetap mengunakan helm yang SNI, siapkan surat surat berkendara dan taati rambu rambu yang ada,” pungkas Ipda Rinto.

Nur Muktiadi