Kepala Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo bertukar plakat dengan Kepala Biro Hukum dan Pengaduan Masyarakat DPR RI, Endang Suryastuti. Foto: Dok/Badiklat

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) Biro Hukum Sekretariat Jenderal DPR RI melakukan benchmarking dalam mempersiapkan satuan kerja WBK/WBBM dengan mengunjungi Badiklat Kumham Jateng, Jumat (14/7/2023).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan integritas kerja di Sekretariat Jenderal DPR RI.

Dalam kunjungannya tersebut, Kepala Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo bersama tim Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM Badiklat Kumham Jateng menyambut kedatangan Kepala Biro Hukum dan Pengaduan Masyarakat DPR RI, Endang Suryastuti dan tim pembangunan ZI menuju WBK/WBBM DPR RI.

“Tujuan tim pembangunan ZI menuju WBK/WBBM Sekretariat DPR RI untuk mempelajari praktik-praktik terbaik yang diterapkan oleh Badiklat Kumham Jateng dalam Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM!,” ujar Endang.

Endang mengapresiasi Badiklat Kumham Jateng dalam pembangunan ZI menuju WBK/WBBM. ”Saya dan tim baru pertama kali melakukan benchmarking ke instansi lain untuk mempelajari pembangunan ZI ini. Walaupun Badiklat Kumham Jateng berada di daerah, saya sangat kagum dalam pembangunan ZI di Badiklat Kumham Jateng, semua tertata rapi,” ungkapnya.

“Prinsip saya, kita harus selalu belajar, belajar itu kepada siapa saja, dan ternyata teman-teman yang di daerah ini punya keistimewaan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo menjelaskan terkait paparan pembangunan ZI Badiklat Kumham Jateng. ”Badiklat dapat lolos seleksi administrasi tanpa catatan, ini tentunya berkat kerja keras bersama tim Pokja Pembangunan ZI Badiklat Kumham Jateng. Yang membedakan inovasi-inovasi kami adalah hasil dari mitigasi risiko yang dilakukan,” tutur Kaswo.

Pada kesempatan itu mereka juga bertukar plakat antara Badiklat Kumham Jateng dengan Sekretariat Jenderal DPR RI, yang dilanjutkan dengan diskusi tentang strategi dan langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai ZI yang kuat, termasuk proses pengembangan budaya integritas, pengendalian internal, pencegahan korupsi, serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selain pertemuan, tim juga melakukan observasi langsung terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Badiklat Kumham Jawa Tengah. Mereka mengamati sistem manajemen, pelaksanaan program-program integritas, serta penggunaan teknologi informasi dalam mendukung pengawasan dan pelaporan.

Tim pembangunan ZI Sekretariat DPR RI berharap bisa mendapatkan pengetahuan yang berharga dari kunjungan ini. Mereka berencana untuk menerapkan praktik-praktik terbaik yang ditemukan di Badan Diklat Kumham Jawa Tengah, guna meningkatkan efektivitas dan integritas kerja di Sekretariat Jenderal DPR RI.

Ning S