BREBES (SUARABARU.ID) – Kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terbakar. Beberapa ruangan termasuk ruang pelayanan dan penyimpanan dokumen pertanahan ludes terbakar.

Koordinator Damkar Satpol PP Brebes, Sugiarto mengatakan, api mulai membakar kantor Jumat (14/7/2023) sekitar pukul 02.00 WIB. Api diduga muncul dari ruang arsip dan dengan cepat membesar hingga menghanguskan sebagian besar bangunan kantor.

Armada pemadam kebakaran dari beberapa instansi dikerahkan untuk mematikan kobaran api. Sedikitntmya, 14 kali penyiraman untuk menjinakan api.

Sekitar pukul 04.30 api baru bisa dimatikan. Sejumlah petugas dsmkar masih terus menyiramkan air di beberapa titik yang masih mengeluarkan asap.

Kebakaran kali ini, kata Sugiarto, merupakan kali kedua. Beberapa waktu lalu, pernah terjadi hal serupa, namun skala kecil dan mudah dipadamkan.

“Dari ruang arsip, api membesar dan membakar hampir seluruh bangunan. Menurut kami ini yang kedua, kemarin kemarin juga pernah terbakar, tapi api kecil jadi mudah ditangani. Nah yang kedua ini, apinya sangat besar,” ungkap Sugiarto.

Koordinator Damkar ini menambahkan, kantor BPN Brebes ini dinilai kurang dalam fasilitas APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Sebagai kantor yang menyimpan arsip dan berkas penting, lanjut dia, seharusnya dilengkapi pula sistem proteksi kebakaran minyak.

“Pertama APAR kurang lengkap, yang kedua seharusnya dilengkapi sistem proteksi kebakaran minyak, karena di sini menyimpan arsip penting, arsip dan buku tanah,” lanjut dia.

Kapolsek Brebes, AKP Mulyono mengatakan, kebakaran menghanguskan sebagian besar bangunan. Beberapa diantaranta, ruang PHP, seksi ukur, loket dan ruang brangkas arsip (warkah).

“Ruang yang hangus itu antara lain ruang PHP, seksi ukur, loket pendaftaran dan ruang arsip,” ucap Mulyono.

Sutrisno