Suasana senja saat matahari terbenam di Waduk Greneng. Insert, serang pengunjung berfoto selfi dengan latar belakang sunset. Foto: Kudnadi Saputro

BLORA (SUARABARU.ID) – Kabupaten Blora makin menggeliat dalam urusan pariwisata. Potensi alam berupa hutan, sawah, waduk, dikembangkan pula untuk pariwisata. Seperti misalnya Waduk Greneng di Dusun Greneng, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan Blora.

Destinasi wisata ini mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai fungsi utama irigasi tanah pertanian dan pembesaran ikan air tawar. Karena letak dan lokasinya yang begitu indah dan menarik, serta dekat dengan hutan Wilayah KPH Mantingan yang menambah suasana berkesan keindahan pemandangan alamnya.

Objek Wisata Waduk Greneng merupakan Objek Wisata Alam berupa Waduk berada di Greneng desa Tunjungan Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora sekira 12 kilometer ke arah barat laut dari pusat Kota Blora.

Objek Wisata Waduk Greneng banyak dikenal oleh masyarakat baik dari dalam maupun dari luar kota Blora, Jawa Tengah, khususnya kaum remaja yang mempunyai hobi memancing. Kawasan Wisata Waduk Greneng mempunyai hamparan yang luas sekitar 45 hektar dengan terdapat beberapa macam/jenis ikan air tawar.

Sunset dan Selfi

Sore itu pemandangan nampak indah, warga Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo, Adinda, sengaja datang ke Waduk Greneng, untuk menunggu terbenamnya matahari, berusaha swa-foto dengan sunset, dalam suasana pemandangan waduk greneng.

Warga Blora, naik perahu keliling di waduk greneng, desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora

“Sore ini sengaja ke sini, biar bisa selfi dengan menyaksikan sunset di Waduk Greneng,” ucap Adinda.

Senada dengan Adinda, warga Kunden, Blora, AH Dinhar, merasa senang dan gembira bisa berfoto bersama teman-teman saat matahari terbenam.

“Sudah berkali-kali ke Waduk Greneng ini, baru sore ini bisa selfi saat sunset, seneng banget,” ujar AH. Dinhar.

Pada kesempatan itu, warga Bogorejo, Suntono, yang sedang pulang kampung bersama keluarganya juga sengaja datang ke waduk greneng, untuk makan – makan di warung dan menunggu Sunset agar anak-anak bisa selfi.

“Tempatnya bagus ya pemandangannya alami. Cocok untuk bersantai bersama keluarga,” kata Suntono.

Warga Blora, Yatno,  senang bisa menikmati ikan patin goreng bersama rekannya, di waduk greneng,  desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora

Untuk diketahui, banyak warga setempat yang menjajakan ikan hasil tangkapannya, dalam hal ini dapat menambah semaraknya suasana sekaligus sebagai daya tarik Obyek Wisata Waduk Greneng. Untuk mencapai objek wisata dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Waduk atau Bendungan Greneng Blora menyajikan panorama alam yang memikat mata. Suasananya yang tenang juga cocok buat relaksasi tubuh dan pikiran.

Waduk Greneng memiliki fungsi utama yaitu sebagai irigasi pertanian, di sekitar waduk ini terdapat beberapa daya tarik wisata lainnya, seperti Cemoro Pitu dan Kebun Buah Grenen. Di objek wisata ini pengunjung dapat berkeliling waduk dengan menggunakan jukung atau perahu biaya terjangkau.

Wisatawan bisa menyeberang ke Cemoro Pitu ataupun berkeliling waduk. Tak hanya itu, wisatawan bisa memancing di waduk Greneng juga, ada ikan gabus (kutuk) dan ikan patin serta ikan lainnya.

Akhir-akhir ini ada kegemaran anak milenia terbaru, mereka sengaja datang sore hari jelang petang, menginginkan bisa swa-foto dengan terbenamnya matahari, wisatawan berusaha mencari tempat – tempat yang strategis dan aman untuk selfi saat sunset.

Kudnadi Saputro