SUARABARU.ID Memilih  kampus juga  jurusan  kuliah  bukanlah hal yang mudah.  Seperti  yang   saya alami. Sempat ditolak beberapa perguruan tinggi negeri membuat saya sedikit merasa putus  asa.  Di tengah keputusasaan itu, saya mendapat kabar bahwa Unissula masih  membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru. Sempat ragu untuk mendaftar karena saya baru mengenal Unissula saat itu. Saya memutuskan untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru tepat dihari akhir pendaftaran. Hari pengumuman tiba, saya merasa senang karena diterima  di jurusan yang saya mau, ilmu komunikasi.

Kuliah di Ilmu Komunikasi Unissula  ternyata diluar bayangan saya. Sangat menyenangkan,  baik  perkuliahannya  maupun pertemanannya.   Projek-projek   perkuliahan   yang menarik juga menambah daftar  pengalaman  seru  saat  kuliah di sana.

Pada semester tiga, projek untuk  mata  kuliah  New  Media,  kami  ditugaskan  untuk membuat film pendek  yang  masing-masing  kelas  dibagi  menjadi  dua  kelompok.  Kelompok saya membuat film pendek berjudul “Mlampah” yang menceritakan tentang  perjalanan  seorang anak desa berkuliah di kota. Proses  syuting film pendek  sangatlah  seru  dan  menyenangkan. Saat itu kami mengambil Kopi Blirik Pandaan sebagai lokasi utamanya. Sehari penuh  proses syuting disana terasa seperti sedang berlibur bersama teman-teman, karena banyak canda tawa tercipta selama proses.

Pada semester lima, kami mengerjakan projek untuk mata kuliah MICE dengan membuat sebuah event webinar  juga  lomba  antar  kelas.  Proses  tersebut  juga  sangat  menyenangkan karena berkumpul bersama teman satu angkatan selama prosesnya. Dalam pembuatan event ini kami juga mendaat banyak pengalaman, terlebih dalam bidang pembuatan event.

Selain projek kuliah, banyak acara lain yang juga menyenangkan. Dimulai saat masa pengenalan fakultas dimana kami satu   angkatan  berkumpul  dalam  satu   villa  dan  diakhiri  dengan acara api unggun.  Ada  pula  acara  pameran  yang  diadakan  tiap  tahun,  baik  fotografi juga advertising.

Ada satu acara pameran advertising  yang  menarik. Acara ini diadakan oleh Peacock, organisasi advertising yang ada di Ilmu Komunikasi Unissula. Pada acara tersebut dipamerkan hasil-hasil karya dari anggota Peacock Adv. Terdapat juga  acara  seminar yang diisi oleh alumni sekaligus mantan ketua Peacock Adv.

Dalam lingkup pertemanan, Ilmu Komunikasi  Unissula sangat beragam, ada mahsiswa yang berasal dari daerah Pulau Jawa juga dari luar Pulau Jawa, seperti Sumatra, Kalimantan, Juga Papua. Dari keragaman itu, tercipta lingkup pertemanan yang  menarik.  Kami saling bertukar budaya dari daerah masing-masing,  dan  tak  jarang  kami  saling  bertukar  oleh- oleh khas saat kembali dari kampung halaman.

Pertemanan di Ilmu Komunikasi Unissula juga  saling  membantu  dalam  hal perkuliahan. Misalnya pada projek  fotografi,  kami  saling  bergantian  menjadi  model  fotonya. Atau pada projek liputan di sebuah acara bazar makanan untuk tugas pada  semester  1,  kami saling bergantian dalam menjadi videografer.

*Ditulis Oleh Arina Manasikana, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unissula