SMUT
Sebanyak 2.257 peserta mengikuti seleksi mandiri ujian tertulis ( SMUT) Universitas Negeri Tidar ( Untidar) Magelang, Sabtu ( 8/7/2023). Pelaksanaan ujian tertulis tersebut berbasis telepon pintar. Foto: W. Cahyono

MAGELANG(SUARABARU.ID); Hari pertama pelaksanaan seleksi mandiri ujian tertulis ( SMUT) Universitas Negeri  Tidar ( Untidar) Magelang, Sabtu ( 8/7/2023) mengalami sedikit gangguan.  Yakni, gangguan di server dan aplikasi SMUT berupa  aplikasi nge-blank  dan tidak bisa untuk mengirim data,”kata Anggota kata tim operasional pelaksana SMUT Untidar Magelang, Muhammad Rifqi Maarif, Sabtu (10/7/2023).

Rifqi mengatakan, kejadian error  server dan apilkasi SMUT tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, atau saat peserta ujian tertulis sesi pertama sedang mengerjakan soal-soal ujian seleksi. Dengan adanya kendala tersebut, tim IT dari Untidar langsung mengatasinya, sehingga untuk pelaksanaan ujian sesi kedua bisa dilakukan.

Menurutnya, terjadinya kendala teknis tersebut membuat beberapa peserta ujian mandiri di sesi satu khususnya yang berasal dari luar Kota Magelang   mengikuti ujian di sesi kedua yang berlangsung mulai dari pukul 07.15 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Sedangkan, peserta ujian yang berasal dari Magelang dan sekitarnya diberi kesempatan untuk mengikuti ujian susulan pada Senin ( 10/7).

Ia mebambahkan, setelah terjadinya error pada aplikasi dan server SMUT tersebut, pihaknya langsung melakukan perbaikan, sehingga pelaksanaan seleksi ujian sesi kedua dapat dijalankan.

Ia menambahkan, jumlah peserta seleksi mandiri ujian tertulis  pada sesi pertama dan mengikuti susulan di sesi kedua sebanyak 90 peserta. Sedangkan, yang memutuskan untuk mengikuti ujian susulan pada Senin ( 10/7), pihaknya masih melakukan pendataan.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana SMUT Untidar Magelang, Muh Azril mengatakan, jumlah total peserta yang mengikuti tes seleksi mandiri tersebut sebanyak 2.257 peserta. Ujian seleksi mandiri tersebut dijadwalkan berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu ( 8-9/7/2023).

Menurutnya, pihaknya membuka pendaftaran pesertaseleksi mandiri calon mahasiswa baru Untidar Magelang sejak 6-30 Juni lalu. Selain itu, masa pendaftaran tersebut sempat diperpanjang hingga 3 Juli kemarin.

“Perpanjangan masa pendaftaran tersebut dilakukan, karena hingga akhir masa pendaftaran, calon mahasiswa yang mendftarkan diri belum memenuhi kouta pendaftaran. Dan, hingga akhir masa pendaftaran jumlah peserta SMUT sebanyak 2.257 orang,”kata Azril.

Ia menambahkan,pelaksanaan SMUT tersebut semuanya dilaksanakan di Kampus Tuguran Untidar Magelang  dengan menggunakan 39 ruangan. Yakni, di gedung Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Azril mengatakan, dari 2.257 peserta tersebut sebagian besar berasal dari beberapa kota di Pulau Jawa. Sedangkan, terjauh berasal dari Batam, Kepulauan Riau. W. Cahyono