blank
Mahasiswa FEB UKSW Ray Isa Cipta Handal Berhasil Meraih Medali Perak di Kejuaraan Muaythai Terbuka, . Foto: Humas UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Kali ini, mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Ray Isa Cipta Handal berhasil meraih prestasi dalam ajang Kejuaraan Muaythai Terbuka (Muaythai Open Championship) tahun 2023, akhir bulan lalu.

Saat diwawancarai secara daring, Kamis (06/07/2023) Ray mengungkapkan dalam kompetisi terbaru yang diikutinya, Muaythai Open Championship, juara dua pada kelas 67 kg Senior berhasil disabetnya.

“Sempat kecewa karena awalnya saya menargetkan juara pertama. Namun demikian saya tetap bersyukur,” kata Ray yang juga hobi bermain musik ini saat disinggung perasaannya.

Mengikuti kejuaraan olahraga bertaraf nasional rupaya bukanlah hal yang baru untuk Ray. Sejak menduduki bangku SMA kelas IX, Ray sudah menekuni olahraga Muaythai dan prestasinya pun terus menanjak. Awalnya disampaikan mahasiswa kelahiran tahun 2004 ini, dirinya suka kegiatan yang menantang, seperti berkelahi. Tetapi diakuinya akhirnya memilih menyalurkan hal tersebut pada kegiatan yang positif dan juga menghasilkan banyak prestasi.

Prestasi lainnya

Prestasi lain yang pernah diraihnya antara lain juara pertama pada kelas Junior 75 kg Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Muaythai tahun 2021, dan juara tiga pada kelas Senior 70 kg Kejurprov Kickboxing tahun 2021.

Tak hanya itu, Ray yang juga menekuni olahraga Wushu juga pernah meraih juara dua pada kelas Junior 70 kg Kejurprov Wushu Sanda tahun 2021 dan juara dua pada kelas Senior 70 kg Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Sanda tahun 2022 ini.

Untuk mengikuti ajang Muaythai Open Championship baru-baru ini. Ray mengungkap persiapan yang dilakukannya.

“Persiapan yang saya lakukan adalah latihan setiap hari pagi sampai sore. Kemudian menjaga pola makan supaya berat badan tidak over dan yang terutama berdoa kepada Tuhan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, saat disinggung terkait target ke depan, Ray menyebutkan akan mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi tingkat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dan Pra Pekan Olahraga Nasional (PON).

Ray menambahkan, motto yang selalu dipegang teguh untuk mencapai juara atau mengikuti setiap pertandingan yaitu “hidup adalah sebuah perjuangan, hadapi tantangan dan rintangan yang ada”.

Mendukung mahasiswa

Prestasi yang diraih Ray menjadi salah satu yang membanggakan bagi kampus UKSW.  Jumat (07/07/2023) sore Direktur Direktorat Kemahasiswaan (DEM) Giner Maslebu, S.Pd, S.Si, M.Si., menuturkan  bahwa Ray adalah salah satu mahasiswa penerima beasiswa di UKSW yang terus berprestasi.

Giner Maslebu menuturkan bahwa UKSW terus mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan akademik sesuai bidang keilmuan. Selain itu, juga mengasah bakat minat yang bermuara pada prestasi pada level nasional.

“Kantor Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan melalui Direktorat Kemahasiswaan mendukung secara penuh mahasiswa-mahasiswi UKSW untuk terus berprestasi sebagai perwujudan semangat creative minority,” tandasnya.

UKSW-wied