blank
Ganjar menerima sembilan Mandat hasil Kongres Gemar-GP. Foto: hms

SURABAYA (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan, sudah semestinya kaum perempuan mendapatkan ruang yang sama, untuk membantu pembangunan bangsa.

Hal itu seperti yang disampaikannya, saat menerima mandat dari hasil Kongres Gerakan Emak-emak Relawan Ganjar Pranowo (Gemar-GP), yang dilaksanakan di Gedung Jatim Expo, Jalan Ahmad Yani, Kota Surabaya, Jumat (7/7/2023).

Gubernur berambut putih itupun sepakat dengan sembilan mandat yang disampaikan emak-emak Jatim kepadanya. Menurutnya, kalau soal mandat yang disampaikan pada kongres itu satu tujuan dengannya.

BACA JUGA: Dua Kapal Nelayan di TPI Pasir Tenggelam Dihantam Ombak

blank
Sejumlah emak-emak berebut bersalaman dengan Ganjar Pranowo. Foto: hms

”Perempuan adalah pendidik pertama di keluarga. Perempuan adalah narasumber pertama nilai kebudayaan untuk anak bangsa. Maka, perempuan tidak cukup hanya dilindungi, tapi juga harus ikut serta bersama, bahkan menjadi garda terdepan pembangunan bangsa,” kata politisi PDIP yang khas dengan rambut putihnya ini.

Ditambahkan dia, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Dia juga mengapresiasi perempuan Jatim, yang selama ini telah terlibat aktif menyampaikan masukan kepada negara.

”Ada akses pendidikan, kesehatan, kekerasan pada perempuan, KDRT, termasuk kepedulian pada kelompok profesi perempuan, seperti nelayan, petani dan buruh migran. Tentu ini PR kita semua, untuk segera dibereskan,” tegasnya.

BACA JUGA: Warga Sowan Lor Minta Kapolres Jepara Basmi Miras di Desanya

Seperti diketahui, dalam acara bertajuk Kongres Gemar-GP itu, mereka membacakan sembilan mandat terkait persoalan perempuan. Sembilan mandat itu kemudian diserahkan kepada Ganjar Pranowo, calon presiden dari PDIP ini.

”Kami emak-emak se-Jawa Timur telah sepakat, untuk terlibat aktif dalam politik, mewujudkan cita-cita dan memperjuangkan hak kaum perempuan. Kami yakin, Pak Ganjar adalah sosok pemimpin yang tepat mengemban amanat dalam mewujudkan cita-cita dan harapan perempuan Indonesia,” kata Qurotun Ayun,
Ketua Emak-Emak Relawan Ganjar Pranowo Jatim ini.

Dia kemudian membacakan sembilan mandat itu. Di antaranya menjaga NKRI, memperkuat semangat persatuan dan nasionalisme, menolak radikalisme dan intoleransi, menolak diskriminasi, marginalisasi, pembungkaman serta penindasan terhadap perempuan.

blank
Kehadiran Ganjar Pranowo disambut ribuan emak-emak se-Jatim, yang mengikuti Kongres Gemar-GP. Foto: hms

BACA JUGA: Peras dan Ancam BUMN Adhi Karya, Mahfud Divonis 8 Bulan Penjara

Mereka juga meminta, supaya Ganjar membuka ruang seluas-luasnya, untuk pemberdayaan dan eksistensi perempuan dalam sektor perekonomian, ketika terpilih sebagai presiden. Mulai dari UMKM, akses pinjaman modal, dan pertanian.

”Kami juga meminta ada perlindungan pekerja perempuan dan pekerja migran. Jangan sampai perempuan jadi korban eksploitasi kerja, jangan sampai perempuan jadi korban kekerasan dalam rumah tangga, serta korban kekerasan seksual,” tegasnya.

Mereka juga meminta, agar negara memberikan aksesibilitas terhadap layanan pendidikan dan layanan kesehatan bagi perempuan penyandang disabilitas, perempuan yang berada di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T), serta untuk para perempuan marjinal.

”Kami yakin dan percaya, Pak Ganjar bisa mewujudkan mandat yang kami berikan ini. Untuk itu, kami emak-emak Jatim siap berjuang untuk memenangkan Pak Ganjar di Pilpres 2024,” pungkasnya.

Riyan