blank
Ilustrasi daging sapI tak boleh dicuci. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Benarkah daging sapi tidak boleh dicuci? Mencuci daging sapi, babi, domba, atau sapi muda sebelum dimasak tidak dianjurkan. Kenapa daging sapi tidak boleh dicuci?

Dikutip dari Suara.com (ask.usda.gov), daging sapi tidak boleh dicuci karena bakteri dalam daging mentah dapat menyebar ke makanan, peralatan, dan permukaan lain. Para ahli menyebutnya kontaminasi silang.

Beberapa konsumen berpikir mereka menghilangkan bakteri dan membuat daging mereka aman dari bakteri penyebab penyakit dengan mencucinya. Namun, beberapa bakteri melekat begitu erat sehingga kita tidak bisa menghilangkannya, tidak peduli berapa kali kita mencuci. Selain itu, ada beberapa jenis bakteri lain yang dapat dengan mudah dicuci dan terciprat ke permukaan dapur kita.

Kegagalan untuk membersihkan dan mensanitasi area yang terkontaminasi ini dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan. Memasak (memanggang, merebus, dan menggoreng) pada suhu yang tepat akan membunuh bakteri, jadi mencuci makanan tidak diperlukan.

Menggunakan termometer makanan adalah satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah makanan sudah mencapai suhu yang cukup tinggi untuk menghancurkan bakteri bawaan makanan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika juga memperingatkan bahwa mencuci daging hanya dengan air mengalir tidak menghilangkan patogen bawaan makanan.

Namun, ada sebagian masyarakat yang juga merasa tidak nyaman jika tidak mencuci daging terlebih dahulu. Maka disarankan jika hendak mencuci daging, cucilah daging dengan larutan asam seperti cuka atau jus lemon. Kedua larutan tersebut membantu membunuh beberapa bakteri di permukaan daging.

Mencuci daging hanya dengan air biasa dapat menyebabkan penyebaran bakteri di sekitar area memasak. Hal ini disebabkan oleh percikan air dari permukaan daging mentah ke peralatan dan permukaan memasak.

Berikut tiga zat alternatif untuk membersihkan daging dari bakteri bawaan.

1. Air jus lemon atau jeruk nipis

Air dari buah-buahan tersebut dapat mengurangi bakteri dalam daging dan mempertahankan rasa daging saat dimasak.

2. Natrium hidroksida food grade (NaOH)

NaOH dapat mencegah jamur dan bakteri tumbuh di permukaan daging.

3. Cuka putih

Ini adalah bahan masakan yang biasa digunakan dalam mencuci daging, kandungan asamnya mengurangi pertumbuhan bakteri pada daging sapi.

Itu tadi penjelasan kenapa daging sapi tidak boleh dicuci. Semoga bermanfaat!

Ning S