SEMARANG (SUARABARU.ID) : Pertamina Patra Niaga memiliki penugasan untuk memberikan tanggung jawab sosial perusahaan (TJSL) kepada masyarakat sekitar depot operasi mereka. Berkat kesungguhan dalam mengabdi kepada masyarakat, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) melalui Fuel Terminal (FT) Rewulu memperoleh penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) 2023. Penghargaan Asia Responsible Enterprise Award ini diadakan di NagaWorld, Phnom Penh, Kamboja pada Jum’at (30/6).

Penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards 2023 merupakan sebuah pengakuan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukan komitmen dan prestasi luar biasa dalam bidang tanggung TJSL perusahaan dan berkelanjutan di Asia.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan, FT Rewulu mendapatkan penghargaan ini berkat pelaksanaan keigatan sosial pemberdayaan yang dilakukan sejak tahun 2013.

“Keberhasilan FT Rewulu dalam mencapai tujuan-tujuan Sustainable Development Goals (SDG) seperti mengurangi kemiskinan _(no poverty)_, menghilangkan kelaparan _(zero hunger)_, dan mengambil tindakan terhadap perubahan iklim _(climate action)_ menjadi alasan utama mereka mendapatkan penghargaan ini,” tuturnya.

Brasto menambahkan, berkat konsistensi FT Rewulu dari 2013 hingga sekarang, program pemberdayaan yang FT Rewulu jalankan telah berhasil mencapai tujuan-tujuan yang terkait dengan SDG atau pembangunan berkelanjutan.

Fuel Terminal Manager FT Rewulu, Mario Aldisaputra Taufik mengungkapkan, salah satu program yang FT Rewulu lakukan adalah program budidaya ayam joper.

“Melalui program budidaya ayam koper, kami berkolaborasi dengan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dengan memberikan pelatihan dan budidaya ayam joper serta memfasilitasi akses pasar bagi produk-produk hasil budidaya tersebut,” ucapnya.

Dengan adanya program ini, FT Rewulu telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, serta mendukung pencapaian tujuan-tujuan keberlanjutan.

Penghargaan Asia Responsible Enterprise Award diberikan oleh Enterprise Asia. Enterprise Asia sendiri merupakan sebuah lembaga atau badan yang bertanggung jawab atas pengorganisasian dan pelaksanaan penghargaan ini. Enterprise Asia memiliki panel juri yang terdiri dari para pakar dan ahli di bidang tanggung jawab sosial perusahaan dan keberlanjutan. Panel juri ini melakukan penilaian dan seleksi terhadap perusahaan-perusahaan yang menjadi nominasi, dan kemudian memilih penerima penghargaan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan

Pertamina