KKN Literasi digital
Sebanyak 1.407 mahasiswa Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang yang akan diterjunkan ke masyarakat pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode I tahun 2023 saat mengikuti pembekalan dari Untidar dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Foto: W. Cahyono

MAGELANG(SUARABARU.ID)- Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas  Negeri Tidar (Untidar) Magelang tahap I tahun 2023 ini  berbeda dengan KKN sebelumnya. Pada tahun ini, Untidar Magelang dengan menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memberikan pemahaman literasi digital.

“KKN tahun ini  berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dalam pelaksanaannya, Untidar Magelang menggandeng  Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dengan memberikan pemahaman literasi digital dan pemberitaan digital bagi mahasiswa dan masyarakat,”kata Rektor Untidar Magelang, Sugiyarto, Selasa ( 4/7/2023).

Sugiyarto  mengatakan, kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam pelaksanaan KKN tersebut, agar para mahasiswa  untuk memberikan pendidikan dunia digital kepada masyarakat. Selain itu, juga dalam rangka menangkal hal –hal yang negatif akibat dari kemajuan teknologi  dan informasi yang terus berkembang.

Ia berharap, informasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui para mahasiswa Untidar Magelang tersebut bisa untuk menangkal hal-hal yang negatif dari kemajuan teknologi informasi.

“Selain itu, juga sebagai suatu upaya memotivasi  para mahasiswa Untidar Magelang lebih mengenal dunia kewirausahaan,”katanya,

Sebanyak 1.407 mahasiswa Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang akan diterjunkan ke masyarakat pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode I tahun 2023 ini, yang   akan berlangsung mulai 10 Juli hingga 12 Agustus mendatang . Sedangkan , lokasi penempatan mahasiswa KKN tersebut di 17 kelurahan yang ada di Kota Magelang dan 77 desa yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Magelang.

Ketua Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tidar(LPPM) Universitas Tidar, Eny Boedi Orbawati mengatakan, pada pelaksanaan KKN tersebut pihaknya menargetkan 14.200 mahasiswa  dan masyarakat teredukasi dalam pemahaman literasi dan pemberitaan digital.

“Pada pelaksanaan KKN tersebut 107 dosen Untidar akan menjadi narasumber pada pelaksanaan literasi dan pemberitaan digital yang dilakukan di 17 kelurahan di Kot Magelang dan  77 desa yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Magelang,”kata Eny.

Ia menambahkan, dari 77 desa yang tersebar di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang yang menjadi lokasi KKN Untidar Magelang merupakan desa ekstrim miskin. Sedangkan, tujuh desa lainnya merupakan desa binaan Untidar Magelang.

“Pada penentuan  desa atau kelurahan yang dijadikan lokasi KKN tersebut, kami  telah berkoordinasi dengan Bappeda Kabupaten Magelang dan Bappeda Kota Magelang,” imbuhnya.

Sebelum diterjunkan ke masyarakat, pihaknya telah memberikan pembekalan terhadao para mahasiswa Untidar  yang akan mengikuti program KKN tersebut.

Pembekalan bagi para mahasiswa yang akan mengikuti KKN dilaksanakan selama dua hari, yakni Selasa-Rabu ( 4-5/7/2023) berupa  Training of Trainer (ToT) Literasi Digital dan Pemberitaan Digital oleh Untidar dan Kominfo RI. Dengan nara sumber Rektor Untidar, Sugiyarto, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kerja sama, Suyitno.Sedangkan nara sumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Luqman Hakim,Aidil Wicaksono,Andika Renda dan Andi Zulchaidir Ashary. W. Cahyono