Radio USM Jaya FM ambil bagian dalam Jateng Fair 2023 dengan membuat studio mini serta melakukan siaran langsung di Balai Merbabu PT PRPP Jateng. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jateng Fair 2023 kembali digelar dalam rangka Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Tengah, pascapandemi Covid-19 di PRPP Jateng mulai 30 Juni hingga 16 Juli 2023 mendatang.

Kegiatan yang mengusung tema “Inspiring Batik” tersebut dibanjiri 375 stand serta dimeriahkan oleh puluhan artis lokal dan nasional.

Pada pagelaran pesta rakyat terbesar di Jawa Tengah itu, Radio USM Jaya FM ambil bagian dengan membuat studio mini serta melakukan siaran langsung di Balai Merbabu PT PRPP Jateng. Banyak masyarakat tertarik untuk melihat dan bertanya tentang studi di USM.

“Jateng Fair 2023 merupakan acara besar se-Jawa Tengah yang kebetulan waktu press conference kami diundang untuk mempromosikan kegiatan tersebut sekaligus menjadi media partner. Direktur PT PRPP juga pernah talkshow di radio USM Jaya FM. Pada kesempatan itu, kami berani mengambil langkah untuk membuat studio mini melakukan siaran langsung di PRPP,” kata Direktur Radio USM Jaya FM, Bakhtiar Rivai.

Menurutnya, dengan membuat studio mini melakukan siaran langsung di PRPP, pihaknya dapat memperkenalkan Radio USM Jaya FM sekaligus mempromosikan Universitas Semarang (USM) kepada masyarakat yang berkunjung di Jateng Fair 2023.

”Dalam studio mini tersebut terdapat satu program acara yang diturunkan untuk siaran langsung di PRPP yaitu kuliah Kelas Sore mulai dari jam 16.00 WIB – 20.00 WIB selama Jateng Fair 2023 berlangsung. Selain itu juga dilengkapi berbagai macam peralatan yang dibutuhkan guna menunjang proses selama siaran di antaranya peralatan radio seperti microfon, headset, mixer, hingga TV LCD untuk menanyangkan video profil dari USM,” ungkapnya.

Bakhtiar mengatakan, selama siaran, banyak masyarakat yang bertanya tentang prosedur kuliah di USM.

“Siaran spesial sudah berjalan beberapa hari dan saya juga sering ke lokasi untuk lihat perkembangannya. Ternyata banyak masyarakat yang datang dan bertanya tentang radio USM Jaa dan cara mendaftar kuliah di USM. Mereka mengambil brosur yang telah disediakan. Semoga dengan kami mendirikan studio mini ini, dapat menarik masyarakat untuk kenal Radio USM Jaya FM dan mendaftar ke USM,” ungkapnya.

Dia mengatakan, studio mini tersebut tidak hanya berisi siaran saja namun talkshow dengan beberapa pelaku UMKM yang ada di Jawa Tengah.

Beberapa hari lalu, Radio USM Jaya FM melakukan talkshow dengan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah (Disperakim Jateng), Ir Arief Djatmiko MA.

Muhaimin